NHW #7 : Tahapan Menjadi Bunda Produktif

Saya mulai berinteraksi dengan temubakat tiga tahun yang lalu, saat rekanan saya merekomendasikan tes bakat ini untuk menjadi data penguat dalam melakukan rekrutmen dan penempatan karyawan dalam salah satu lini usaha yang kami jalani.

Bulan September lalu, alhamdulillah saya berkesempatan mengikuti seminar Talent Mapping bersama Abah Rama dan Bu Septi yang difasilitasi oleh Institut Ibu Profesional. Barulah saat itu saya mulai sedikit demi sedikit mendapat pencerahan dan mengenali diri saya secara teori bakat dan minat. *uhuk, kemana aja selama ini buuu…*_*

Teori tentang bakat dan minat ini sesungguhnya memang sangat bisa difahami karena kita terlahir sebagai manusia yang unik dan berbeda yang Allah ciptakan dengan kelebihan dan kelemahannya. 

Saya juga meyakini, tentunya jika kita fokus dan bisa mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki, maka akan tercipta aneka karya yang bermanfaat bagi ummat, dibanding jika kita malah sibuk untuk memperbaiki kekurangan. Bisa2 kita terjebak pada lingkaran kegalauan yang tak berujung. Padahal inilah yang umumnya terjadi. Sejak jaman remaja memilih jurusan untuk sekolah dan kuliah, berlanjut memilih jenis pekerjaan apa sebetulnya yang benar-benar tepat untuk kita.

Maka materi ke-7 ini begitu membuat saya bersemangat. Bagaimana caranya agar kita bisa produktif dan menemukan misi hidup kita di dunia pada tempat yang paling tepat. Salah satu caranya lewat deteksi bakat dan minat kita.

Betapa bergairahnya hidup kita jika kita bisa melakukan aktivitas yang kita sukai (Enjoy) dengan cara yang mudah dan ringan (Easy) tetapi hasilnya maksimal (Excellent) dan juga bisa menghasilkan (Earn). Indeks kebahagiaan setiap orang akan meningkat tajam deh hehe..Karena setiap orang berada di posisi yang tepat. Yes.

Hari ini saya mencoba kembali masuk ke web temubakat untuk menjajal ST30 saya, dan inilah hasilnya, tidak jauh beda dengan tes yang saya lakukan saat seminar beberapa bulan yang lalu : 

*Potensi kekuatan saya adalah :

1. Caretaker

2. Communicator

3. Distributor

4. Educator

5. Mediator

6. Motivator

7. Server

*Potensi kelemahan saya :

1. Commander

2. Operator

3. Seller

4. Visionary

*Strenght cluster :

1. Networking

2. Servicing

3. Technical

4. Headman

Saya memang sangat menyukai dunia mendidik, memotivasi, konseling, dan segala hal yang bisa membuat setiap orang menjadi semakin baik.

Ini sesuai dengan pilihan ilmu saya di kehidupan. Menjadi ibu profesional yang bisa melejitkan suami dan anak-anak saya sekaligus bisa selalu berbagi dan sharing pengalaman maupun motivasi terkait aktivitas sosial saya dan juga dalam bisnis yang sudah dijalani.

Contoh yang sangat nyata adalah saya sangat nyaman mengadakan hubungan yang setara dan bukan komander yang memaksa orang lain untuk melakukan tugasnya apalagi terlibat konflik. Aktivitas saya di bisnis memang sangat terasa kurang nyaman jika menangani karyawan dengan perintah, saya selalu lebih suka berinteraksi dengan brifing, konseling, brainstorming tim dsb.

Berikut aktivitas saya dalam 4 kuadran :

1. Hal yang saya suka dan bisa

– membantu orang lain yang membutuhkan masukan

– public speaking

– konseling

– motivating

– mengikuti training, seminar (menuntut ilmu)

– mengisi mentoring, berdawah

– berkomunitas

– mencari dan membuat kegiatan untuk anak belajar

– travelling

– membaca buku

2. Hal yang saya suka dan tidak bisa (tidak ahli tepatnya ya, bukan tdk bs sama sekali)

– musik, bernyanyi, main musik

– crafting

– memasak

– mengumpulkan ide menjadi ide besar yang baru

– mengarsipkan dokumen

– mencatat keuangan

3. Hal yang saya tidak suka dan bisa

– mencuci

– menyetrika

– beres-beres rumah

4. Hal yang saya tidak suka dan tidak bisa

– memperbaiki kerusakan rumah, bocor, kran mampet

– berkebun

– memelihara binatang

Leave a Reply

