Pie susu

​🍥🍥🍥🍥🍥🍥🍥

*Egg Tart / Pie Susu*
Pie susu atau yang memiliki nama ‘londo’ Egg Tart memiliki banyak versi sejarah. Ada yang mengatakan bahwa kue yang sekarang dikenal sebagai jajanan khas Bali ini berasal dari Eropa-lah, Egypt-lah, Yunani-lah, Portugis-lah, dan bahkan Hong Kong. Mana yang benar?
Merujuk kepada Wikipedia, situs ensiklopedia bebas, pie susu disebut-sebut berasal dari Hong Kong. Kue berjenis tart custard ini secara umum ditemukan di Hong Kong dan negara-negara Asia lainnya. Bagian pie susu terdiri dari kerak kue bagian luar dengan isi custard telur dan panggang di bagian tengahnya.
Sejarah Pie Susu
Pie susu diperkenalkan pada 1940-an oleh Tengs cha Chaan di Hong Kong. Pie susu lalu diperkenalkan di cafe-cafe dan toko-toko roti Barat untuk bersaing dengan restoran dim sum, terutama yum cha. Selama ledakan ekonomi tahun 1950-an dan 1960-an, Lu Yu Teahouse memimpin dengan mini pie susu nya.
Sebuah teori menyatakan bahwa kue pie susu yang berasal dari Hong Kong sebenarnya mengadaptasi tart custard yang berasal dari Inggris. Canton yang memiliki kontak dengan Inggris disebut-sebut sebagai awal mula proses adaptasi ini. Apalagi sebagai bekas koloni Inggris, Hong Kong juga mengadopsi beberapa makanan Inggris, sehingga makin memperkuat teori pie susu yang berasal dari Inggris.
Sementara itu teori lain menyatakan bahwa pie susu sangat mirip dengan kue asal Portugis. Kue mirip pie susu asal Portugis itu memiliki nama pastel de nata. Teorinya, kue ini hinggap di Hong Kong via koloni Portugis yang berada di Makau.
Perkembangan pie susu sebagai masakan Hong Kong
Dalam masakan Hong Kong modern, pie susu hadir dalam berbagai variasi seperti pie susu, pie madu telur, pie putih telur, pie coklat, pie green tea dan pie jahe. Semua jenis pie susu ini merupakan variasi dari pie susu tradisional yang disajikan di Tengs cha Chaan.
Pinggiran atau bagian kerak luar dari pie susu Hong Kong ini secara keseluruhan memiliki dua jenis: shortcrust pastry atau puff pastry. Pembuatan pie susu Hong Kong ini lebih menggunakan lemak babi daripada shortening atau mentega. Kalau jenis pie susu Hong Kong ini sih sudah pasti tidak halal ya.
Pie susu di Portugis
Kue pie susu di Portugis berasal dari kue puding tradisional Portugis yang diciptakan lebih dari 200 tahun silam oleh suster Katholik di Biara Jeronimos. Toko kue pertama di luar Biara yang menjual kue pada tahun 1837 ini ialah Casa Pasteis De Belem. Di jaman modern ini, kue pie susu ini hadir di seluruh dunia. Konon pie susu ini juga dijual di KFC seluruh Asia dan Asia Tenggara. Hah? Sejak kapan KFC jualan pie susu?
Well apapun cerita asal mula dan versi sejarah pie susu sebenarnya tidak terlalu penting. Yang penting, kue yang menjadi khas Bali ini sekarang memang punya banyak versi. Di Bali sendiri, variannya sudah bermacam-macam, dari pie susu, pie coklat, pie keju, pie kacang dan pie stroberi. Yang terbaru ialah pie kopi Bali. Di Bali sendiri banyak pabrik pie susu yang mengaku pie susu asli Bali, meski keasliannya sendiri sudah diragukan, sama seperti sejarahnya.
Artikel ini ditulis untuk memberikan informasi bagi pecinta pie susu. Sumber utamanya ialah Wikipedia (mohon maaf kalo ada salah terjemahan), selebihnya pengalaman pribadi.

PIE SUSU
Bahan :

125 gr mentega

1 sdm gula halus

250 gr tepung segitiga biru
Isian :

3 butir kuning telur

200 gr susu kental manis

100 ml air
Cara membuat :

Olesi cetakan pie dengan mentega

Saya pakai cetakan pie diameter 5cm
Siapkan mangkok

Masukkan tepung terigu, mentega, gula. Aduk rata hingga adonan terlihat menggumpal.
Aduk2 adonan dan gumpalkan dengan tangan hingga adonan menyatu. Sisihkan.
Siapkan mangkok

Masukkan kuning telur, susu kental manis, air. Aduk rata.

Saring adonan, sisihkan.
Masukan adonan kulit ke cetakan pie

Tekan2 adonan dengan ujung jari hingga semua permukaan cetakan tertutupi

Tang adonan susu diatasnya

Panggang hingga matang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s