NHW #6 : Menjadi Manajer Keluarga Handal

Nah.

Pengelolaan waktu selalu menjadi pe er saya yang tak ada habisnya. Rasanya jika sehari itu lebih dari 24 jam, terasa masih saja kurang, heuu… Sebentar pagi, tak terasa sudah menghadapi malam lagi. Padahal saya merasa belum maksimal dalam menjalankan aktivitas seharian itu. Andai bisa membelah diripun belum tentu bisa terkejar semua kegiatan. Duh, berasa sok sibuk sekali ya saya..

Tapi memang peran ibu yang berada di ranah publik dan domestik betul-betul membuat kita merasa HARUS bisa mengerjakan semuanya. Beres. Tuntas. Dan seringkali perlu berdamai dengan diri sendiri saat ternyata ada yang tidak bisa terlaksana. Kuncinya memang membuat skala prioritas. Noted.

Menjadi istri hampir selama 14 tahun dan menjadi ibu dari 4 orang anak sering membuat saya berlari kesana kemari demi menginginkan semua porsi kegiatan bisa dilakukan. Belum lagi dengan aktivitas bisnis dan sosial dawah lain yang harus dilakukan bersamaan ditambah sayapun masih memiliki batita yang dalam masa berhak atas ASI. Saya berusaha tidak ada yang terlalaikan. Yang tentunya jika tidak ada skala prioritas, yang muncul adalah bencana.

Maka materi#6 ini, sungguh sangatlah mengingatkan dan menguatkan saya untuk tetap berada dalam jalur yang benar. Bahwa ada hal yang harus disimpan lebih utama dari lainnya, dan ada yang bisa dilakukan belakangan. Bahwa ada yang harus saya lakukan sendiri dan ada yang bisa didelegasikan. Bahwa ada kegiatan yang harus dikerjakan sekarang dan ada yang bisa ditunda.

*Tiga aktivitas penting saya :*

1. Beribadah

Alhamdulilah saya banyak bergabung di komunitas wasap grup untuk konsisten dalam pelaksanaan dan evaluasinya : (Tahajjud+Dhuha (ISTADA), Tilawah 1juz/hari (ODOJ), Tadabbur Quran (KONTAQ), Menghafal satu baris alquran/hari (ODOLA), Mengkaji ilmu islam (HSI)

2. Pendidikan anak&keluarga

Merancang kegiatan, stimulasi dan evaluasi

Memetakan bakat minat anak

Belajar menjadi ibu profesional

3. Pengembangan diri

Menuntut ilmu, membaca buku, menghadiri kelas atau seminar dan workshop baik online maupun offline, olahraga, mengurusi bisnis

*Tiga Aktivitas Tidak Penting*

1. Menonton TV

2. Berselancar di dunia maya/medsos

3. ??

Sepertinya dua hal diatas yang saya kadang masih sempat melakukannya dan terlenakan. 

Menonton tv (film atau musik) sambil ngASI dan melonjorkan badan menjelang tidur di tempat tidur. 

Membuka medsos via HP saat menunggu di mobil, menjemput anak selesai kegiatan kursus di luar rumah

*Jadwal Kegiatan Harian*

03.00-05.00 : Bangun, Sesi Ibadah 1

Tahajjud, ODOLA, ODOJ

05.00-07.30 : Mencuci, memasak, nyapu, sarapan, memandikan anak

07.30-17.00 : Aktivitas dinamis

Belajar bersama anak, mengantar kegiatan belajar di luar rumah, membaca buku, mengontrol dan delegasi aktivitas bisnis, mencari referensi, belajar, dst, dll

17.00-18.00 : Mempersiapkan makan malam, memandikan anak

18.00-20.00 : Mendampingi anak belajar malam, baca al quran, baca cerita

20.00-21.00 : Anak besar tidur, anak bayi ngASI sambil saya melakukan sesi ibadah 2 : Kontaq, HSI, TES dan menyusun List to do untuk esok hari

21.00 : Tidur

Pembuatan jadwal aktivitas harian dengan rentang yang panjang untuk aktivitas dinamis memang membuat saya perlu mempersiapkan daftar kegiatan untuk esok harinya di setiap malamnya: Saya harus kemana, acara apa, berapa lama dan jika memerlukan delegasi maka juga mengutus orang lain.

Alhamdulillah sejauh ini, jadwal inilah yang cocok dengan aktivitas saya. Semoga Allah mudahkan kita semua dalam menjalankan peran kita sebaik mungkin sebagai pendidik generasi

1 Comment

  1. Aamiin ya Rabb. Luar biasa deh kalau lihat jawaban-jawaban ibu pembelajar. Apalagi yang sudah punya anak lebih dari 2. Saya mah masih nyimak sambil belajar dari pengalaman-pengalaman bunprof semua hehe..

    Eia mbak, TES itu apa sih? Kepo saya. Itu ada di kalimat “Kontaq, HSI, TES dan menyusun List to do untuk esok hari”. Makasih jawabannya.

Leave a Reply

