Tips kesehatan utk usia 45tahun

​*Prof. Dr. dr. Bhenny karim, SpPD-KR. (Guru Besar FK UGM)*
*Untuk Sahabat yg Telah BerUsia 45 th ke Atas, Jaga Kesehatan*
Proses Penuaan (aging) Sudah Mulai Sejak usia 32 tahun, dgn Mulainya *Penurunan Fungsi Organ-Organ* (Seperti Ginjal, Lever, Anak Ginjal, Hypophyse dsb.nya) dan *Penurunan Hormon-Hormon* (Seperti Testosteron, Growth hormon, Coenzym Q10, Melatonin dan Antioxydan).
Pada Wanita usia 45 th Mulai Penurunan estrogen. Pada Pria Penurunan hormon Progesteron dan Testosteron.
Penuaan Adalah Suatu Penyakit yg Berlangsung Kronis yg Sebenarnya Tidak Dapat di Cegah, diObati dan diKembalikan Menjadi Muda.
Penuaan Bukanlah Hukuman akibat Titah dari Gen.
*Beberapa Penyakit yang Muncul Akibat Proses Penuaan*, Adalah

1. Osteoporosis.

2. Metabolik Syndrome, dgn Akibat Penyakit Cardiovasculer (seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner dan Hypertensi Renal).

3. Cancer (seperti Payudara, Colorectal/Usus, Prostat, Ovarium).

4. Alzeimer (Pikun).

5. SD (Sexual dysfunction).
*Apa saja yg harus dilakukan?*
*1. Bergerak*.

Jalan kaki 3000 s/d 5000 m/hari) dapat Mencegah Osteoporosis (Rapuh Tulang) dan Hypertensi.
*2. Senam Olah Napas*

Seperti Pranayama, Orhiba, Cikung, Yoga, dsb 2x / Minggu. Paru-paru Perlu Latihan Deep breathing/maximal breathing, untuk meningkatkan Aliran Darah di alveoli, Menguras CO2.
*3. Kurangi Karbohydrat*

Cukup Protein, Banyak Buah dan Sayur/Lalapan.
*4. Jaga Berat Badan*

Lingkaran Perut Tak Boleh Lebih 80 cm untuk wanita, 90 cm untuk Pria. BMI Tak Boleh Lebih 30 kg/m3.
*5. Tekanan Darah Tak Boleh Lebih 140/90.*

Cek Tensi Tiap bulan. 
*6. Kadar Gula Darah Puasa Tak Boleh Lebih 110, Trigliserida 150, HDL Harus Lebih 50.*

Jadi Cek Darah Tiap 6 Bulan. 
*7. Threadmill Setiap Hari*
*8. Wanita Mamografi dan PAP Smear setiap 3 thn*

Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara.
*9. Istirahat Cukup*

Tidur 6 jam mulai jam 10 malam, Lampu Mati (Merangsang Growth hHormon). Jangan Makan/Minum 3 jam Sebelum tidur (Mencegah GERT, Mencegah Sesak). Bantal Pendek/Tidak (Meningkatkan oksigenasi otak. Miring Kanan (mengurangi Beban Jantung).
*10. Pikiran Kurangi Stress*

Kerja di Luar Kapasitas/Kemampuan. Perbanyak Doa atau Meditasi, Perbaiki Kualitas ibadah, Hiburan Juga Perlu, Ngobrol Santai, dan Banyak  Membaca, Silaturahim atau Berkumpul dgn teman2. Tidak Boleh Marah2 atau Emosi Maupun Terlalu Bersedih.
*Semoga Bermanfaat*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s