how to be a profesional mother IIP

​HOW TO BE A PROFESSIONAL MOTHER
Setiap dari kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya.. Setiap wanita adalah pemimpin bagi rumah suaminya & anak-anaknya (HR Abu Daud: 2930)
Dari petikan hadits diatas, bisa kita simpulkan bahwa amanah utama dalam hidup bagi seorang wanita yang jelas akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah SWT adalah peran sebagai juga ISTRI & IBU. Bukan peran lainnya..
Anakmu bukan milikmu, ia adalah milik jamannya, kau jisa berikan rumah untuk raganya tapi tidak untuk jiwanya, karena jiwa mereka adalah penghuni rumah masa depan, yang tiada dapat kau kunjungi walaupun dalam impian…… (Kahlil Gibran-Anak)
Didiklah anakmu sesuai zamannya, karena ia akan hidup pada zaman yang berbeda dengan zamanmu

(Umar bin Khattab) 
Penggalan puisi & perkataan khalifah Umar di atas mengingatkan kepada kita bahwa tugas orangtua adalah menghantarkan anak-anak untuk siap menemui masa depannya. Meskipun anak-anak adalah homo ludens (makhluk yang suka bermain) tetapi mendidik mereka tidak bisa “Main-main”. Butuh keseriusan para orangtua untuk mempersiapkan anak tersebut mencapai gerbang mimpinya. Butuh sikap profesional dalam mendidik mereka.
Salah satu definisi kata “Profesional” adalah memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya (sumber : kbbi). Sehingga menjadi sebuah kemestian saat seorang ibu bangga akan profesinya sebagai ibu, menjalankan aktivitas mendidik anak dan mengelola keluarganya dengan berlandaskan sebuah ilmu. Sebuah peribahasa menyatakan “jangan biarkan sesuatu berjalan tanpa ilmu, apabila itu terjadi maka tunggulah titik kehancurannya”.
Karenanya, marilah kita menjalani peran sebagai IBU sebagai sebuah PILIHAN, bukan KEBETULAN.. Mari bersama beljar bersungguh-sungguh menjalankan peran mulia ini menjadi IBU PROFESIONAL..✊🏻💪🏻😍
Selanjutnya..
Bagaimana langkah menjadi Ibu Profesional??
1. Menguatkan value ( nilai ) yang akan kita gunakan selama menjalankan peran sebagai Ibu.
Value ( Nilai) dari Ibu Profesional adalah :
a. Never stopped running, THE MISSION ALIVE
( Ibu Professional tidak akan pernah berhenti menjalankan misi dan tugas hidupnya, dengan sukacita. Teruslah bergerak, misi tak pernah mati)
b. Don’t Teach Me, I LOVE TO LEARN
(Ibu Professional adalah ibu yang senang belajar,tak pernah berhenti hingga mati, proaktif mencari ilmu untuk kemaslahatan diri,suami dan anak-anaknya)
c. I Know, I can be BETTER
(Ibu Professional bertekad untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari, karena orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari yang kemarin)
d. Always ON TIME
(Ibu Profesional adalah ibu yang menghargai waktu, dan selalu berusaha untuk menepati waktu yang telah disepakati)
e.SHARING is CARING
(Ibu Profesional sayang sesama, tak segan-segan untuk berbagi pengalaman, dan hanya membagikan pengalaman apa yang sudah dijalankannya)
2. Menetapkan COMMON INTEREST (ketertarikan bersama) yaitu ANAK, Melawan COMMON ENEMY (musuh bersama) yaitu PERASAAN tertindas di rumah sendiri:)
3.Mempelajari dan menjalankan Tahapan Ilmu di Ibu Profesional yaitu :
a. BUNDA SAYANG (ilmu tentang mendidik anak)
b. BUNDA CEKATAN (ilmu tentang mengelola diri dan rumah tangga)
c. BUNDA PRODUKTIF (Ilmu tentang memahami passion diri sehingga muncul 4 E (Enjoy, Easy, Excellent, Earn) aktivitas dalam hidupnya
d. BUNDA SHALEHA (ilmu tentang bagaimana kehadiran kita bisa bermanfaat untuk diri, keluarga dan lingkungan sekitarnya)
Layaknya mendaki sebuah gunung mencapai puncak, perjalanan ini akan penuh terjal & berliku.. Namun disitulah letak kenikmatannya, karena kita bisa menikmati keindahan gunung dari berbagai sudutnya..

Kuatkan niatnya, nikmati prosesnya dan rasakan manfaatnya..:)
Salam Ibu Profesional,
/Nisa Nur’arifah/
* Disarikan dari materi How to Be a Professional Mother oleh Bu Septi Peni Wulandani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s