kurikulum iman dan quran – Kuttab Al Fatih

​Kenapa di Kuttab Al Fatih : Kurikulumnya iman dan Al Qur’an
Ini mungkin yang sering ditanyakan pada lembaga kami. Kuttab Al Fatih itu lembaga apa?. Kami sering mengatakan bahwa kami bukan lembaga Tahfidz, tapi kami adalah lembaga Iman dan Al-Qur’an. Kurikulum inilah yang menjadi fokus di Kuttab Al Fatih.
Dari sini kami memulainya. Ketika nabi Ibrahim alaihi salam berdo’a yang terdapat di surat Al Baqoroh ayat 129 :
“Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana”
Lalu di ijabah Allah Subhanahuwata’ala dalam surat Al Jumuah ayat 2
“Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata”
Dari ayat ini ada 4 point yang di minta Nabi Ibrahim
Membacakan Ayat-ayatNya

Mengajarkan Kitab ( Al-Qur’an)

Mengajarkan Al Hikmah ( Hadits)

Mensucikan jiwa ( Tazkiyatun Nafs)

Dan 4 point yang dikabulkan Allah :
Membacakan ayat-ayatNya

Mensucikan jiwa ( tazkiyatun Nafs)

Mengajarkan Kitab ( Al Qur’an)

Mengajarkan Al Hikmah ( Hadits)

Pelajaran yang kami ambil dari ayat di atas adalah :
Ada jawaban sebuah doa yang tidak selalu sama persis apa yang diminta karena Allah Maha Tahu apa yang baik untuk hamba-Nya.

Jawaban Allah Subhanahuwata’ala menegaskan bahwa penanaman iman ( dibacakan ayat-ayat-Nya) dan pembersihan jiwa ( Tazkiyatun Nafs) menjadi prioritas ( penekanan) sebelum pengajaran AlQur’an dan Al Hadits.

4 point di atas adalah isi dari kurikulum generasi yang bisa diaplikasikan di pendidikan hari ini.

Maka Kuttab Al Fatih berfokus pada kurikulum Iman dan Al Qur’an. yaitu pembelajaran : Membacakan ayat-ayatNya,Tazkiyatun Nafs dan Al –Qur’an. Sebagaimana Hadits nabi :
كُنَّا غِلْمَانًا حَزَاوِرَةً مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَتَعَلَّمَنَا الإِيمَانَ قَبْلَ الْقُرْآنِ ، ثُمَّ تَعَلَّمَنَا الْقُرْآنَ ، فَازْدَدْنَا بِهِ إِيمَانًا وَإِنَّكُمُ الْيَوْمَ تَعَلَّمُونَ الْقُرْآنَ قَبْلَ الإِيمَانِ
Dulu kami adalah anak-anak kecil yang sudah cukup kuat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka, kami pun mempelajari iman sebelum Al-Qur’an, kemudian kami mempelajari Al-Qur’an (setelah itu). Maka, semakin bertambahlah iman kami. Sementara kalian di hari ini, kalian mempelajari Al-Qur’an sebelum iman (Riwayat al-Baihaqi dalam Sunan-nya, no. 5498, dari Jundub bin ‘Abdillah bin Sufyan al-Bajali).
Anak-anak kecil yang cukup kuat di zaman Nabi, mempelajari Iman sebelum Al-Qur’an. ketika waktunya mereka belajar Al- Qur’an bertambahlah iman mereka. Sehingga di level Kuttab yakni usia 5 – 12 tahun kami lebih mendahulukan iman sebelum hafalan Al-Qur’an mereka bertambah. Meskipun dijenjang ini kami menargetkan 7 juz hafalan maksimal menjadi syarat kelulusan dari Kuttab Al Fatih.
Disinilah letak jawabannya, kenapa kami bukan lembaga tahfidz. Tapi kami adalah lembaga Iman dan Al Qur’an.
Bagaimana dengan Hafalan AlQur’an, ilmu AlQur’an, Hafalan Hadits, Ilmu Hadits dan ilmu lainnya yang tercatat pada point-point di atas ? Kami lanjutkan di Madrasah Al Fatih.
Wallahu’alam
Dirpen KAF Waalid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s