Sahiba 2

[3/8, 14:59] ‪+62 817-0428-091‬: Blm 1 bulan gabung Sahiba,BB naik 6 kg dan maagh n sinus tidak kambuh

Assalamualaikum

Namaku haifa dari villa 15 Sharing 6… awal masuk sahiba tanggal 7 januari 2016,aku masuk sahiba karena tertarik dgn cerita tmn2..penasaran jg apa sih sahiba dan setelah masuk dibuat kaget lah sama juklak disana.

Awalny agak berat sih dgn aturan disana yg mengurangi makan gorengan(kesukaanku)tp karna niat aku mau sehat,aku coba dgn tdk memakan itu. Dan coba aku ikutin juklak disahiba dgn rutin makan sayur dan buah. Alhamdulillah beberapa hari kemudian terbiasa dgn pola makan yg sesuai juklak..dan sudah bisa mengurangi gorengan atau makanan prosesan…

setelah beberapa pekan hampir sebulan ada yg berubah dalam tubuh ini..dulu tiap pekan pasti maag aku kambuh,atau sinus aku kambuh..setelah rutin dgn pola makan yg sehat alhamdulillah gk ada lagi ngerasain perihny lambung dan skg tenggorokan aku udh mulai agak enak padahal dulu kek ada lendir gitu ditenggorokan….

oh iyaa aku penasaran sama bb aku..aku coba utk timbang woooooow ternyata aku naik bbny…dulu dengan tinggi badan 160 bbku hanya 43..kata kakakku dibilang kurus..sama temenku juga tp setelah fc bbku naik 6 kg skg  29 January 2016,belum ada 1 bulan FC,BB naik jd 49  ,targetku 5 kg lagi mesti naik☺karena idealny aku mesti 54-55 kg..aku sampe gk percaya apa bener naik sampe segitu?aku coba sampe 3 timbangan eh ternyata bener….#fc fc fc😍

Saat training cheating dikit.Setelah masuk Villa blm pernah cheating
[3/8, 15:44] ‪+62 817-0428-091‬: JENIPER VS GIGI NGILU
( dari dokter gigi Prima yg FCers)

Bagaimana mengatasi rasa ngilu pada gigi setelah meminum Jeniper (jeruk nipis peras)  secara rutin setiap hari???

Selamat malam semuaaa…. Terinspirasi dari pertanyaan salah satu member, dan pertanyaan ini cukup sering ditanyakan di grup… Mari kita bahas bersama2 ya?

Begini teman2, air perasan jeruk nipis adalah asam alami yg sifat “cleansing”nya cukup kuat, buktinya sering dipakai utk mencuci perabotan dapur yg berLemak dan berbau amis serta menghilangkan rasa eneg sehabis konsumsi makanan berat……

Bagi member yg skrg merasa ngilu giginya setelah minum jeniper secara teratur setiap hari, mungkin dulunya pori2 giginya tertutup plak atau karang yg tebal, terutama pd batas antara gigi dan gusi,

Karena gigi kita sama spt kulit juga memiliki pori2, dgn minum jeniper teratur, maka pori2 gigi yg tadinya tersumbat jd bersih dan terbuka, krn sifat cleansing dr jeniper yg cukup kuat td.

Akibatnya jika ada :
* email pd permukaan gigi yg menipis krn usia,
* email yg cekung pada batas gigi dan gusi krn cara sikat gigi yg salah,
* email yg berlubang kecil atau besar
* akar giginya terbuka krn sebelumnya karang giginya cukup tebal dibatas gusi dan gigi,
* akar giginya terbuka karena gusinya turun faktor usia

maka sehabis minum jeniper lama kelamaan jd ngilu.

Lalu bagaimana solusinya ya mbak bakul untu???
Juklak FC kan ga boleh dilanggar??
kudu jeniperan tiap hari???

Ga masalah asal memperhatikan kiat2 dibawah ini sbg solusi :

1. solusinya kl gigi mulai terasa ngilu saat minum jeniper:

Caranya dgn memakai sedotan panjang setiap kali minum jeniper agar cairan jeniper tdk melewati rongga mulut dan mengenai gigi2 tapi langsung masup ke tenggorokan.

Beda kalo kita minum dgn gelas, cairan jeniper akan menyentuh gigi2 terlebih dahulu,

Tdk perlu kuatir tdk bercampur air liur karena menurut saya fungsi jeniper yg utama adalah cleansing saluran pencernaan (mulai tenggorokan sd usus)
dan tonic bagi lever.

Jadi ga harus bercampur air liur kalo gigi anda bermasalah.

2. solusi kedua pakailah pasta utk gigi sensitif dipasaran,
krn sifat pasta tsb adalah menutup pori2 gigi dan melindungi syaraf gigi agar tdk langsung terkena rangsangan manis, panas, dan dingin yg membikin gigi jd ngilu.

3. solusi ketiga cek saja ke dokter gigi,
agar ditunjukkan via oral camera: 
*gigi mana saja yg berlubang,
*gigi2 mana saja yg emailnya tipis dekat gusi krn nyikatnya terlalu keras, 
*email mana saja yg sdh aus dimakan usia…
*akar gigi mana saja yg terbuka
*banyak karang gigi atau tidak?

biar dilakukkan penambalan pd gigi berlubang, pd akar terbuka, atau fissure sealant (penutupan galur2 pada permukaan atas mahkota gigi)
atau pemberian cairan pelindung anti ngilu (tooth mousse) yg dibawa pulang dan dipakai setiap malam sebelum tidur.

4. solusi keempat segera bilas dgn air putih setiap kali minum jeniper
dan tunggu 30 menit baru menyikat gigi,
Krn ternyata menyikat gigi langsung setelah makan kurang baik bagi gigi, saat suasana dlm mulut masih terlalu asam,
netralkan dgn kumur/ minum air putih dulu, baru sikat dgn pasta gg
(pasta gg sifatnya basa)

Selama jeniper tdk bertahan lebih dari 1 menit didalam rongga mulut, dan gigi tdk ada yg bermasalah tdk akan menyebabkan ngilu.

Justru sifat asam dan kandungan gula pada minuman bersoda (cocaxxxx, fanxx, dll) yg dapat melarutkan email dgn cepat……

Jadi intinya gigi tdk kerendam cairan asam no problemo….

Ohya bagi warga sumatra/ penggemar empek2 yg pake cuko/cuka, hati2 jg ya itu sifatnya sgt asam dan pelarut email….

Juga utk member  yg tinggal di LN, berkumurlah atau minum air putih segera setelah konsumsi Wine/anggur setelah jamuan makan…..
Karena Wine sifatnya asam spt minuman bersoda……..

Demikian solusi mengatasi gigi ngilu akibat jeniper an….

Kalo gigi tdk bermasalah… rasa ngilu tdk akan timbul…

Mau tau gigi anda bermasalah atau tidak?
Ya segera kunjungi bakul untu terdekat, yg sabar, baik hati, teliti, alatnya lengkap, tidak terlalu mahal taripnya, dan cakep kayak saia…… eaaaaa! 

#teteppromosi
#DentalCampaign
#OneToothOneCaratDiamond
#BakulUntuNgawiland

Drg Prima# FCI
[3/8, 18:06] ‪+62 815-9620-456‬: 💧💧💧Tugas 2 💧💧💧

Nama:
Asal grup diskusi:

⛔DILARANG COPAS  jawaban temannya⛔

💚Kirim ke GRUP DISKUSI antara jam 17.00 WIB sd 20.00WIB💚

1.Apa itu Food Combining?Bagaimana makanan dapat dimanfaat (diserap) oleh tubuh seoptimal mungkin dan tidak memberatkan organ cerna. Dan bagaimana mekanisme pola makam ini bisa menyehatkan orang sakit atau melangsingkan orang kelebihan berat badan.

2.Apa itu homeostasis?
Suatu kondisi keseimbangan internal yg ideal, dimana semua sistem tubuh bekerja dan berinteraksi dalam cara yg tepat untuk memenuhi semua kebutuhan dari tubuh.

3.Ada 20 sinyal tubuh kekurangan enzymes ( tubuh blm homeostasis)
Sebutkan yang saat ini dialami? sembelit,rambut rontok,masuk angin.nyeri sendi.

4.Apa kepanjangan jeniper dan lemper
jeniper : jeruk nipis peras, lemper: lemon peras.

5.Besok bangun tidur mulai praktek jeniper .Silakan hari ini mulai hunting jeniper/ lemper.
Pilih salah satu:
Sudah

IKRAR CALON SAHIBERS

🌿IKRAR CALON SAHIBERS🌿

🍎Saya selalu absent setiap hari ( antara jam 04.00 sd 12.00 WIB)

🍎Saya TIDAK akan chat di Grup Materi

🍎Saya TIDAK akan chat diatas jam 20.00 WIB di Grup Diskusi

🍎Saya SELALU membaca materi di Grup Materi dan berusaha memahami.

🍎Saya akan bertanya untuk hal yang blm saya pahami PADA jam diskusi ( 13.00 – 17.00 WIB)
[3/9, 04:59] ‪+62 817-0428-091‬: 💧💧💧Tugas 3💧💧💧

Nama:
Asal grup diskusi:

⛔DILARANG COPAS  jawaban temannya⛔

💚Kirim ke GRUP DISKUSI antara jam 17.00 WIB sd 20.00WIB💚

Semua JAWABAN ada di materi.

1⃣Apa maksud mencampur jeniper/ lemper dengan air hangat?

2.    Kenapa jeniper/ lemper harus diminum begitu bangun tidur?

3⃣  Ceritakan pengalaman minum jeniper/lemper tadi begitu bangun tidur.

4⃣ Siap menjadikan jeniper/ lemper sebagai rutinitas harian mulai hari ini?

5.     Pagi ini hunting buah2an,mulai BESOK praktek sarapan buah.
SIAP?

🌿IKRAR CALON SAHIBERS🌿

🍎Saya selalu absent setiap hari ( antara jam 04.00 sd 12.00 WIB)

🍎Saya TIDAK akan chat di Grup Materi

🍎Saya TIDAK akan chat diatas jam 20.00 WIB di Grup Diskusi

🍎Saya SELALU membaca materi di Grup Materi dan berusaha memahami.

🍎Saya akan bertanya untuk hal yang blm saya pahami PADA jam diskusi ( 13.00 – 17.00)
[3/9, 11:51] ‪+62 817-0428-091‬: ASAM BASA TUBUH

Apa itu asam basa tubuh?

Keseimbangan asam basa jaringan tubuh dan darah manusai adalah pH 7,3 – 7,5 dimana tubuh pada kondisi ini pada kondisi yang sehat dan berfungsi optimal. Pada dasarnya kita membutuhkan lebih banyak makanan pembentuk basa daripada pembentuk asam.

Makanan pembentuk basa atau asam ditentukan oleh kandungan mineralnya. Setiap proses pembakaran makanan di dalam gtubuh akan meninggalkan residu atau abu mineral ada yang berbentuk mineral logam dan non-logam di dalam tubuh. Makanan asam lebih bnayak mineral non-logam sebaliknya makanan pembentuk asam lebih banyak mineral logam.

Makanan yang rasanya asam bukan berarti merupakan makanan pembentuk asam, misalnya jeruk nipis rasanya asam tapi merupakan makanan pembentuk basa.

Penjelasan ini cukup memberikan pemahaman utk yakin aman diminum pagi hari saat perut kosong.

Makanan pembentuk basa adalah ketika selesai diasimilasi (dibakar) diubah menjadi energi yang akan digunakan oleh tubuh, hasilnya adalah lebih banyak mineral logam misal kalium (K), natrium, Magnesium, zat besi dan calsium.

Sebaliknya untuk yang makanan pembentuk asam, menghasilkan mineral non-logam misal klor, fosfor, sulfur (buku bu Andang)

Kita akan bahas macam makanan pembentuk basa dan pembentuk asam di materi padu padan makanan.
[3/9, 11:51] ‪+62 817-0428-091‬: Food Combining merupakan pola makan yang sangat alami dan sangat baik diterapkan pada tubuh manusia, dimana cara kerja tubuh disesuaikan dengan aturan tubuh yang alami. Bila kita menerapkan hal ini, maka organ cerna kita akan sehat dan tubuh akan sehat.

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi sehat, yaitu
1. Kesimbangan asam basa tubuh
2. Sistem cerna berkerja sesuai aturan alam
3. Waktu makan yang sesuai dengan siklus sistem cerna.
[3/9, 11:51] ‪+62 817-0428-091‬: 🕛 Fase Pencernaan terjadi antara jam 12.00 – 20.00

Saat ini tubuh sedang pada masa beraktifitas, dimana masa terbaik bagi tubuh untuk mencerna karbohidrat, sayuran dan lauk pauk.

🕗 Fase Penyerapan nutrisi antara jam 20.00 – 04.00

Saat ini tubuh mulai menyerap nutrisi yang telah dicerna pada masa cerna, saat ini juga terjadi proses asmilasi, mengedarkan zat makanan dan detoksifikasi dimana tubuh masuk pada fase istirahat. Dalam kondisi ini sebaiknya kita tidak lagi membebani organ pencernaan dengan asupan makanan yang berat, sebab energi yang digunakan untuk menyerap nutrisi akan terbagi dengan energi mencerna sehingga penyerapan kurang optimal. Tidur larut malam akan menghambat proses pada fase ini.

🕓 Fase Pembuangan Sisa Makanan 04.00 – 12.00

Pada saat tubuh sedang dalam proses pembuangan sisa makanan dan sisa metabolisme tubuh, selayaknya kita tidak membebani tubuh atau dengan makan yang sulit dicerna berat dan padat karena akan memboroskan energi untuk mencerna
yaitu dengan makan asupan nutrisi yang mudah dicerna tapi juga memberi kecukupan nutrisi yang lengkap sebagai sumber energi. Pilihannya adalah makan buah2an
🍒🍇🍓🍑🍌🍉🍊🍏

Buah adalah bahan makanan pembentuk basa yang kaya akan antioksidan. Berbagai jenis buah memiliki banyak manfaat terutama mengandung vitamin, mineral, serat dan gula alami sebagai sumber energi. Dengan sifatnya yang khas, buah sangat mudah diserap oleh tubuh, itu sebabnya mengkonsumsi buah tidak dicampur dengan jenis makanan lainnya dan pada saat perut masih kosong. Jadi kita tidak memilih buah sebagai makanan pencuci mulut setelah makan siang atau malam.

🍓Buah termasuk makanan pembentuk basa karena setelah dicerna dalam tubuh akan meninggalkan abu mineral logam. Buah minim kandungan lemak dan protein, sehingga kalori bisa dianggap tidak ada. Buah baik dikonsumsi pada saat perut kosong, tidak perlu khawatir sakit perut asalkan cara mengkonsumsinya benar.

🍏🍉🍌🍓
Manfaat buah sebagai menu sarapan:
– Buah mengandung unsur potensial pembersih sisa2 makanan dari usus besar.
– Buah menghemat energi karena tidak memerlukan proses pencernaan panjang.
– Buah memasok energi lebih cepat, karena zat gulanya bisa langsung diserap oleh tubuh.
– Buah memberi cukup energi sampai saatnya makan siang

🍓🍒🍇🍊
Panduan cara makan buah agar aman dikonsumsi sebagai sarapan pagi:

1. Dicuci bersih. Baiknya memang kita mengkonsumsi buah dan sayuran organik, tapi kalau tidak memungkinkan, perhatikan cara mencucinya.
Buat larutan cuka apel (1st + air secukupnya) rendam 5-10 menit, kmudian bilas dengan air mengalir.
Bisa juga dengan larutan garam krosok

2. Buah matang sempurna, tidak mentah, tidak busuk (kematangan gula buah berubah menjadi alkohol) dan tidak memar.

3. Tidak dikonsumsi bersama makanan lain atau dimakan segera setelah makanan lainnya.

4. Perhatikan cara makan buah, kunyah perlahan jangan langsung ditelan, pastikan sudah halus dan tercampur dengan air liur yg mengandung enzym.

(Sumber, buku FC bu Andang)
🍋🍒🍇🍉🍓🍌
[3/9, 11:51] ‪+62 817-0428-091‬: SIKLUS PENCERNAAN TUBUH

Secara alami, tubuh manusia mengalami proses pencernaannya. Dalam sehari tidak mungkin tubuh kita bisa terus menerus mengelola makanan yang masuk, tapi diatur sedemikian rupa dimana tubuh kita mengalami siklus tubuh. Dalam sehari pengaturan makanan menyesuaikan dengan siklus tubuh.
[3/9, 11:57] ‪+62 817-0428-091‬: 🍴 Saya ingatkan sekali lagi.. Cara makan buahnya kunyah sampai halus dan pastikan tercampur dengan air liur baru kemudian di telan. Karena buah strukturnya lembut, tidak perlu harus 32 kali, bisa kurang dari itu. Cuma tetap harus tercampur dengan air liur. Demikian pula bila minum jus buah, penting dikulum2 baru ditelan.

Jeda 30-60 menit bisa minum 1 gelas air putih, dan setelah 1 jam bisa makan buah sesi berikutnya.
[3/9, 11:57] ‪+62 817-0428-091‬: 🚫 Buah yang tidak direkomendasikan dimakan sebagai sarapan buah adalah duren, nangka dan cempedak.
[3/9, 11:57] ‪+62 817-0428-091‬: 🍎🍏🍊🍋🍒🍇🍉🍓

Dalam penjelasannya, buah sifatnya khas mengandung banyak mineral dan mudah diserap oleh usus.. Maka buah tidak bisa dicampur dengan makanan lainnya, termasuk sayuran.

🍆🌽🍒🍇🍉🌽🍅🍌
Walaupun sama2 mengandung banyak antionsidan, vitamin dan mineral, tapi sayuran minim mengandung zat gula (tidak manis), sehingga masa cernanya jauh lebih lambat dibandingkan buah.

🌽🍅🍆🍠
Makan sayuran tidak dikonsumsi bareng buah.
Kalau buat jus, jangan campur buah dan sayuran.

🌽🍅🍆🍠
Bbrp tanaman buah, tapi buahnya tidak manis, dimasukkan dalam kategori sayuran, misal terong, timun, tomat, labu siam dll.
Apokat masuk katagori sayuran juga.
[3/9, 11:57] ‪+62 817-0428-091‬: 🍴Utk makan buah, rumusnya tadi yg saya sdh sebut diatas..

🍴Utk makan berat 30 menit sebelum makan siang/malam minum air putih atau bisa jus sayur tanpa ampas) dan minum air putih lagi 1 jam setelah makan siang/malam.

🍹Pengaturan minum air putih penting diperhatikan. Minum air putih sebelum makan berfungsi mempersiapkan kerja organ cerna, dan minum air putih minimal 1 jam setelah makan agar tidak menguras enzym saat mulai mencerna. Jangan makan sambil didorong minum air.
[3/9, 14:48] ‪+62 817-0428-091‬: Masih bingung ya kenapa banyak pelaku FC bisa berpuasa dengan eksklusif buah?

Selain menunya sudah di shared di file dengan judul
“Contoh Menu Food Combining Selama Puasa Ramadhan” ini saya share lagi kultwit bang Erikar Lebang sahur a la FC

Kibulan lanjutan tentang Ramadhan, tweeps, kali ini tentang sahur ya, be prepared

Sahur! Sarapan di saat puasa, ini memegang posisi yang sangat krusial, karena menjadi landasan bagaimana hari akan dijalani #kibulancerna

Semua tahu, makan pagi menjadi sangat penting, karena sulit sekali memulai hari dengan perut kosong dan minim energi #kibulancerna

Tapi pelaku #foodcombining tahu bagaimana cara memanfaatkan sarapan agar tepat guna, tidak asal makan banyak, tak asal bergizi #kibulancerna

Dengan mengacu pada siklus cerna 8 jam dalam ritme tubuh (sirkadian), kita tahu sarapan haruslah bersifat ringan tidak berat #kibulancerna

Buah segar, pilihan tepat pelaku #foodcombining untuk pilihan sarapan memulai hari. Ringan, kaya enzim dan lengkap substansi #kibulancerna

Buah tidak menguras energi tubuh untuk dicerna, pun buah tidak memerlukan enzym sistem cerna, energi terhemat! Sesuai siklus! #kibulancerna

Masalah buah, adalah ia mudah terurai, mudah cerna. Jadi harus dikonsumsi berulang saat lapar. Ini agak berbeda saat puasa #kibulancerna

Mau tidak mau kita harus beradaptasi. Mengubah sedikit ritme. Bukan masalah serius sebenarnya, mengingat puasa hanya sebulan #kibulancerna

Khusus selama puasa, bangunlah lebih awal dan siapkan waktu 30 menit dimuka, santap buah potong segar atau berbentuk jus buah #kibulancerna

Makanlah perlahan, kunyah dengan baik. Bila jus, biarkan tercampur air liur sebelum ditelan. Jangan terburu-buru selesai #kibulancerna

Biarkan tubuh mendapatkan semua yang dibutuhkan dari buah. Bila selesai tunggu hingga 15-30 menit. Pindahlah ke menu lanjutan #kibulancerna

Walau #foodcombining mengenal dua jenis menu protein dan karbohidrat untuk santap, menu lanjutan sahur berat ke karbohidrat #foodcombining

Karena tubuh tidak menguras energi terlalu banyak untuk mencerna karbohidrat, dan cukup memberi rasa kenyang seharian #kibulancerna

Jangan pernah lupakan, sayuran segar! Usahakan lebih banyak dari porsi karbohidrat. Limpahi tubuh dengan enzim dan daya hidup #kibulancerna

Sahur menjadi lengkap terpenuhi substansi penting dari buah dan sayur, sadari itulah elemen utama! Bukan menu karbohidratnya #kibulancerna

Akhiri kira-kira 30 menit sebelum waktu akhir sahur. Jelang azan subuh minumlah segelas air putih, perlahan. Hanya air putih #kibulancerna

Lupakan teh, kopi yang akan menguras persediaan cairan tubuh atau susu yang sepintas praktis tapi membuat pencernaan terbebani #kibulancerna

Bagi yang terbiasa, sahur malah lebih menyenangkan dilalui ekslusif hanya buah. Mereka melaporkan fitalitas tinggi seharian #kibulancerna

Selamat menjalani puasa! Jangan lupakan niat. Perintah itu beri alam bawah sadar kemampuan menjalankan puasa lebih baik #kibulancerna

Demikian kibulan malam ini. Suka sukur gak suka unfollow! Gak follow-berisik? Puasa aja sebulan gak usah pake sahur dan berbuka! Salam!

#KIBULANBERBUKAPUASA
https://www.facebook.com/groups/FoodCombiningIndonesia/permalink/744686755630854/
[3/9, 14:48] ‪+62 817-0428-091‬: Siang FCI,
kemarin sudah saya share ya mengenai sahur a la FoodCombining dari kultwit bang Erikar Lebang. dan ada juga talkshow di beritasatu kemarin.

nah sekarang saya mau share berbuka puasa a la FoodCombining. mau di share kemarin eh lupa #menringis #abaikan, okkeh mari simak kultwitnya..

Okay, siapa yang sudah puasa hari ini? Setelah bahas puasa, detoks, sahur. Nah, sekarang giliran berbuka puasa! Ayo yang kepingin nyimak

Puasa membuat kita mengosongkan perut selama kurun waktu tertentu. Biasanya terisi makanan berkala, kini menjadi kosong sesaat #KibulanCerna

Ada banyak fungsi pengosongan perut dalam kurun waktu tertentu, mulai dari penghematan energi, regenerasi sel, perbaikan organ #KibulanCerna

Juga dari sisi spiritual terkait kesabaran, rasa patuh dan banyak lagi. Intinya kosongkan perut miliki efek multidimensional #KibulanCerna

Sayangnya upaya positif sisi fisiologis-psikologis itu acap kehilangan arti saat puasa diakhiri dengan pilihan cara berbuka #KibulanCerna

Energi tubuh yang seharusnya terhemat untuk bisa lakukan banyak hal karena tidak harus mencerna serius, jadi terbuang percuma #KibulanCerna

Regenerasi sel yang terjadi efektif saat tubuh ‘melaparkan’ diri sesaat juga terganggu, karena menu berbuka tergolong berat #KibulanCerna

Bukan sekedar mengganggu, kadang kombinasi dari gula sangat tinggi, protein hewani berat, produk refinasi, malah beri beban #KibulanCerna

Itu yang terjadi saat menu berbuka hadirkan martabak manis-asin, es campur, kolak atau ragam kuliner lain yang lazim hadir #KibulanCerna

Hal ini sudah menjauh dari makna puasa Ramadhan ditinjau dari sisi spiritual-religius dan terutama sisi fisikal-kesehatan #KibulanCerna

Jadi bagaimana seharusnya berbuka? Rasul sudah mencontohkan berbuka “butiran kurma dan segelas air” identik dengan sederhana! #KibulanCerna

Kita juga sudah mempraktekkan konsep “berbukalah dengan yang manis”, sayangnya secara berlebihan! Bahkan cenderung mengada #KibulanCerna

Manis dalam konteks yang bisa memulihkan kita dari kondisi puasa terkait dengan porsi tepat, kurang buruk, berlebih pun sama #KibulanCerna

Buah segar, terwakili oleh kurma buah (bukan manisan), memberi pasokan ‘manis’ dari sifat karbohidrat dalam ukuran tepat #KibulanCerna

Hindari juga kondisi dehidrasi. Siapkan air segelas dalam suhu sejuk. Tidak dalam suhu terlalu panas yang sulit diserap tubuh #KibulanCerna

Atau terlalu dingin yg lemahkan kerja enzim. Siapkan bersama dengan beberapa potong buah segar, beberapa jenis lebih baik #KibulanCerna

Selain gula, berbuka dengan buah memberi kita pasokan tidak berlebih terhadap banyak hal. Enzym, vitamin, serat dan mineral #KibulanCerna

Pilih buah yang juga mengandung cukup air, untuk bantu pasokan cairan dalam tubuh. Agar kita tidak terburu minum berlebihan #KibulanCerna

Jangan takut merasa lemas. Terutama bila berasumsi makan heboh saat berbuka saja bisa lemas, apalagi hanya dengan sekedar buah #KibulanCerna

Justru enzim terkandung dalam buah, kantung vakuola, yang bertugas pelihara kesegaran buah, bisa kita ‘curi’ saat disantap #KibulanCerna

Bisa memberi tubuh efek menyegarkan secara instan! Dan bukan efek semu yang biasa kita dapat saat mengkonsumsi makanan manis #KibulanCerna

Kadar gula buah yang disantap normal, tidak akan melonjakkan gula tubuh yang memaksa pankreas produksi insulin untuk menekan #KibulanCerna

Buah juga tidak sita produksi enzym cerna untuk diproses. Sehingga sistem cerna tidak mendadak terbebani, tidak mengejutkan #KibulanCerna

Memberikan Anda semacam waktu transisi yang mulus untuk mengkonsumsi makanan lanjutan. Itupun jangan berlebihan dalam memilih #KibulanCerna

Waktu berbuka hingga jelang tidur, adalah waktu ideal juga bagi Anda minum air putih dalam jumlah cukup. Minum secara berkala #KibulanCerna

Untuk rayakan berpuasa secara budaya kuliner, pilih waktu cermat. Jangan setiap saat, tapi 1-2 hari perminggu. Dahulukan buah #KibulanCerna

Demikian kibulan sore ini. Suka sukur, gak suka unfollow! Gak follow-ribut? Coba berbuka ganti air putih dengan cairan pel, barangkali pas
– See more at: http://storyofnotes.tumblr.com/post/27620166269/kibulan-puasa-berbuka-by-erikar-lebang#sthash.2Y4jjoWW.dpuf
[3/10, 05:58] ‪+62 817-0428-091‬: 💧💧💧Tugas 4💧💧💧

Nama:
Asal grup diskusi:

⛔DILARANG COPAS  jawaban temannya⛔

💚Kirim ke GRUP DISKUSI antara jam 17.00 WIB sd 20.00WIB💚

Semua JAWABAN ada di materi.

1⃣Jam brp fase pencernaan ? Apa alasannya?

2⃣Mengapa buah2an dipilih untuk dikonsumsi saat fase pembuangan?

3⃣ Pagi ini mulai sarapan buah dan ngemil buah sampe 30 menit sebelum maksi( bagi yg tdk shoum).
Tidak mkn dan mencampur buah dgn apapun,hanya buah saja.
Buah apapun bisa utk sarbu kecuali durian,nangka,cempedak.
Tahan diri untuk konsumsi selain buah.
Sebutkan buah2an yang akhwaty konsumsi dari pagi hingga 11.30 WIB nanti?
Bagi yg shoum,sebutkan buah apa td yg dipakai utk sahur

4⃣ Siap menjadikan buah2an  sebagai rutinitas harian yang dikonsumsi antara jam 04.00 sd 11.30 mulai hari ini?

5⃣Selain buah,penting diperhatikan adalah kebutuhan arput.Usahakan sebelum maksi sudah dapat 2 liter arput.Cara minumnya jarak dr suap terakhir makan buah ke minum arput 1 jam.Jarak dari minum arput ke makan buah 30 menit.
Dapat brp gelas air putih sampai 11.30?
1 gelas kurleb 250 ml.
Kebutuhan arput tiap 25 kg BB adalah 1 liter.

🌿IKRAR CALON SAHIBERS🌿

🍎Saya selalu absent setiap hari ( antara jam 04.00 sd 12.00 WIB)

🍎Saya TIDAK akan chat di Grup Materi

🍎Saya TIDAK akan chat diatas jam 20.00 WIB di Grup Diskusi

🍎Saya SELALU membaca materi di Grup Materi dan berusaha memahami.

🍎Saya akan bertanya untuk hal yang blm saya pahami PADA jam diskusi ( 13.00 – 17.00)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s