Pendiri NU

KH Hasyim Asy’ari
Pengobar Jihad Nusantara
by Akmal Sjafril

Profil KH Hasyim Asy’ari…
Nama aslinya Muhammad Hasyim lahir pada tanggal 14 Februari 1871
Kemudian ketika beranjak dewasa menuntut ilmu ke Mekkah dan belajar ke Syaikh Nawawi Al Bantani, Sayyid Abbas Al Maliki AL Hasany, Syaikh Mahfudz At Tarmasi, Syaikh Ahmad Khotib Al Minangkabawi.
Beliau ahli dalam ilmu Hadits, bahkan hafal hadits Bukhari lengkap beserta sanad-sanadnya.

Ponpes Tebuireng…
Pada tahun 1899 beliau mendirikan pondok pesantren Tebuireng, dimana lokasi didirikannya ponpes tsb. dilingkungan yang penuh maksiat, namun beliau optimis bahwasannya lingkungan tersebut bisa menjadi lebih baik.
Bangunan ponpes berawal dari bangunan anyaman bamabu 6 x8 m yang dibagi 2 sekat, satu sisi untuk kamar beliau dan yang sisi lain untuk tempat mengajar.
Beliau ahli dalam bertani, beliau bertani untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya dan membiayai para santrinya.
Beliau juga jago silat, karena rerata para ulama jagi dalam hal ini untuk siap dalam melindungir diri dan sekitarnya.
Pada masa penjajahan, pihak Jepang menghitung jumlah santri yang dididik oleh beliau kurang lebih sampai 25.000 orang

Terkait Hizbullah
Beliau adalah ketua Masyumi yang pertama.
Pada tahun 1943 beliau meresmikan berdirinya organisasi semi militer yang bernama Hizbullah, lalu kemudian lahir juga Sabilillah.
Saifudin Zuhri kerabat beliau, blusukan untuk merekrut anggota Hizbullah. 5 pemuda dari tiap daerah, hingga terkumpul 50.000 pemuda. Pada saat yang bersamaan para santri disusupkan kedalam PETA.
Hizbullah adalah laskar rakyat yang dibuat oleh beliau yang kemudian dilatih militer oleh Jepang. Ketika Jepang membubarkan PETA, Hizbullah menjadi satu-satunya lascar yang tetap solid. Hizbullah pula yang melucuti Jepang.
PETA = buatan Jepang, Hizbullah = buatan ulama Indonesia
Fatwa Jihad (17/09/1945)
Berikut fatwa yang dibuat oleh beliau kala itu:
1. Fardhu ‘ain memerangi orang-orang kafir yang merintangi kemerdekaan RI bagi tiap muslim yang mampu berjihad meski kafir
2. Mereka yang meninggal dalam peperangan melawan NICA dan komplotannya adalah syuhada
3. Orang yang memecah persatuan bangsa wajib mendapat hukuman mati
Dengan adanya fatwa ini, umat muslim sangat kuat girah islamiyahnya, karena kewibawaannya beiau umat muslim sangat taat. Kemujian setelah keluar fatwa jihad keluar ijma ulama yaitu Resolusi jihad yang semakin memperkuat semangat juang dan dakwah.

Resolusi Jihad 22/10/1945
1. RI adalah negara yang sah dan ia wajib dipertahankan dari segala musuh
2. Umat muslim terutama warga NU wajib angkat senjata melawan sekutu
3. Kewajiban jihad mengikat setiap muslim yang ada dalam jarak diperkenankannya shalat jama’ dan qashar (94 km). Mereka yang diluar radius tsb. Wajib membantu mereka yang berjihad

Ketegasan hidup beliau…
1. Memperingatkan umat untuk menjaga diri dari perdebatan furuiyah dan melarang fanatisme terhadap suatu mazhab, apalagi sekedar pendapat dalam masalah furu’
2. Menegaskan bahwa mazhab yang sah adalah Syafii, Hanafi, Maliki dan Hambali. Adapun yang semacam Syi’ah imamiyyah dan Syi’ah Zaidiyyah adalah ahli bid’ah yang tidak boleh diikuti.
3. Pernah memfatwakan haram berhaji dengan kapal milik Belanda (pada masa itu), juga mengharamkan mengenakan dasi dan atribut-atribut lain seperti Belanda (untuk membedakan antara muslim dan orang kafir).
4. Menegaskan kewajiban syari’at berlaku bagi siapapun, baik santri, kiyai, apalagi wali. Jika ada orang mengingkari syari’at, maka ia bukan wali.

Akhir hayat…
21 Juli 1947 : Kiyai Hasyim menerima utusan dari Jend.Soedirman dan Bung Tomo. Utusan tsb menyampaikan pesan agar beliau bersedia untuk mengungsi ke Magetan, karena pasukan Indonesia terdesak. Pada saat itu agresi militer belanda 2.
24 juli 1947 : Bung Tomo mengirim utusan, memohon agar kiyai Hasyim memberi fatwa jihad lagi. Namun kiyai Hasyim enggan untuk beranjak dari daerahnya, karena alasan tidak mau meninggalkan ummat.
25 Juli 1947: pukul 3 dini hari KH Hasyim Asy’ari menghembuskan nafas terakhirnya dalam keadaan tenang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s