Sharing blw

[1/20, 16:42] ‪+62 821-2229-2297‬: Hallo..
Nama saya Ari
Bubii nya Azriel dan Alice..

Yg BLW cuma Alice..
Azriel mah murni anak spoon feed..

Jadi alice blw mulai usia 7bln.. 😋😋

Sebelumnya gimana?
Sebelumnya mam puree puree an 🍲🍲🍲😝

Saya ga kenal yg namanya blw..
Ga tau blw apaan sih..
Ya taunya makanan bayi itu bubur.. Dan makannya disendokin.. 🍴

Yg boleh bayi makan sndiri..
Finger food dan harus lumer dimulut..👅

Sounds familiar?? 😁😁

Sebenernya.
Saya ini super oon (maaf perancis nya keluar’) untuk urusan nyuapin..
Jangankan nyuapin bayi..
Lah wong pas si Lala (ini panggilan buat babahnya alice) masuk rumkit patah tangan.. Saya ga bisa nyuapin beliau..
Sampe marah2 dan mending makan sndiri katanya.. 😂😂

Jadi mikirin mau mpasi itu bikin saya stress bukan kepalang.. Gimana caranya nanti nyuapin…
Bayi pulak yg disuapinnya 😥😥😥😥

Nah.. Kayanya gara2 saya yg super piawai menyuapi itulah..
Si nyenyeng.. Mogok makan dan trauma sendok..
Liat sendok langsung jerat jerit nangis kaya liat apaan aja…
Duileee neng.. Lebay amat deh.. 😪

Nah.. Dibawalah alice ke dsa cancik kecayangan..
Dokcil nya bilang “udah blw aja….. Ini anak segala rupa aja dimasukin ke mulut ko.. Kandidat pas buat blw.. Sana kmu riset ttg blw..”

Yak buibu..
Sampai sejauh ini orang2 yg kenal saya..
Taunya saya ini hobinya riset.
Segala sesuatu di riset dan katanyaaaaa.. Saya bisa nemuin apaaaaa aja.. **masasiiiiiih??? 😜

Ok part 1 selesai..

Part2 Memulai blw Berjuta Rasanya..

Ok.
Besoknya yah.
Lgsg lah riset ttg blw..

Alice disiapin yg simpel kata dokcil labu siem kukus bayi bayi doyan..

Ya sudahlah itu aja dulu..

Dimakan ga??

Dilem……paaaaaaar..

Wkekeke…

Nah..
Terus yak..
Hasil searching…searching..
Nemu lah foto bayi makan porkchop utuh dengan tulang..

Ah ya sudahlah kagok edan.
Saya beli iga sapi.. Nemunya tapi yg kecil2..

Cobain alice makan itu deh .
Bumbunya pake butter sama bayleaf dan bwg putih..
Dimasak pake slow cooker..

Dan alice mau makan..
Dikenyot kenyot digigit bag lemaknya..

**YES seneeeeeeng**

Dan mulai lah pengalaman blw alice dimulai…

Sejujurnya..
saya rada takut sih kelolodan dan keselek..
Tapi ternyata kelolodan cuma kejadian 1x

Alice paling doyan paha ayam..
Makan paha abis 1utuh bow.. 🍗🍗

Saya ga pernah pusing dimasak apa..
Krn alice makan segala bumbu aneka jenis masakan..
Yg akhirnya alice makan sesuai aja sama plek sama masakan saya dirumah..
Semua tanpa gula garam kecap saos tentunya..

Saya ngikut panduan WHO..
Jadi dalam 1x makan slalu ada karbo+prot.hewani+sayur+kacang2an

Dan saya nyetok aneka patties dan perkedel di freezer..
Yg udah lengkap semuanya ada..

Perkedel ubi pake ati ayam pake buncis dan tahu..
Patty daging sapi pake kentang pake wortel dan kacang merah
Bola ikan pake kacang hijau kupas ditambah bayem dan jagung..

Pokoknya yg lengkap.

Ditambah snack alice yg karbo daging..
Alice paling doyan ubi manis sama daging cincang..
Hampir tiap hari snack ini disediakan..

Sisa snacknya roti panggang pake butter dan oregano..
Atau roti oles selai apel ala bubii..

Kemudian alice udh makan gorengan diusia 8bln..
Ini atas berkat dari dsa cancik kecayangan..
Syaratnya minyak gorengan pertama..

Nah..
Saya ini pemales ya pemirsah…

Jadi setelah pengalaman traumatis mengenalkan alice pada makhluk bernama “nasi” saya kapok..
Ga lagi lagi deh..
Ampyuuuun lengketnyeeee..
🍚🍚😣😥😥😣🍚🍚

Jadi alice karbonya adalaaah..
Kentang, roti, kwetiaw, ubi manis, jagung, mie, aneka pasta, sampai misoa.
Anything but rice lah pokoknya..

Alice baru makan nasi secara konsisten diumur 9bln..

Nah…
Dan perkenalan ini juga membuat saya pusing tujuh keliling..

Kala itu saya udh gabung grup blw..
Dan merasa punya teman2 yg bisa mendukung..

Jadi…
Alice ga pernah dan ga mau makan apapun yg lain..
selain…. 🍚 😪😪😪😪
🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚🍚

Stress lah saya….

Part 3 berpisah dengan nasi? Masa iyaaa…

Ya amploooop…
Panjang buener yak??

Ok deh…
Yg ini mah pendek aja yah..

Saran dari temen2 blw..

1. Percaya aja sama bayi..
Bayi knows best.. Dia tau apa yg sedang dia butuhkan… Mungkin kala itu alice lagi butuh nasi alias karbo..

2. Kasih menu lengkap
Ada yg saranin nasi goreng..
Ya pemirsa.. Sampe hari ini..
Saya ga doyan sama yg namanya nasi goreng..
Dan alice pun sama..
Jadi skip deh saran ini..
Saya coba perkedel lagi..
Dia ga mau dan dilempaaaar..

3. Bersabar..
Nah inilah satusatunya bekal persenjataan blw saya waktu itu..
Sabar sabar sabar..

Dan ini bener sih.. Pas umur 9blnan itu berat alice turun..
Dan akibat konsumsi nasi berlebih.. Naik dong beratnya.. Ekekekeek..
Ya sudaaaaah.. Its a blessing in disguise 😋😋

Kemudian fase nasi lover ini berakhir dan alice kembali jadi pemakan segala..

🍝🍗🍤🍚🍜🍢🍡🍳🍞🍲

Part4 BEFORE ONE FOOD FOR FUN

jangan salah ya pemirsaaah..
Alice itu makannya cuma secimit secimit..
Dikiiiiiiit..

Tapi saya mah konsisten..
Konsisten menyusui dengan gembira..

Ga makan.. Ya nyusu aja..

Makanan dilempar.. Ya nyusu aja..

Tergoda ga buat balik bubur?

Ya iyalaaaah…
Secara anak tetangga makan disuap lahap..
Gendut gembil..
Sementara alice langsing seksiiiih..

Tapi ngga sih.. Saya terlalu pemalas bikin bubur dan terlalu cape buat nyuap nyuapin..

Jadi ya alice tetap bertahan dengan ke blwan nyaaaa…

Btw.. Dimasa before one ini.
Saya pernah disamperin ibu2 agak tua di restoran..
Dengan suara keras beliau menghardik saya krn saya nyantai aja liat alice makan paha ayam pentung ga disuwirin..
Dan si alice dng santai melepeh bagian engsel paha yg udah dia kemut2..
Kemudian si ibu menatap dengan bingung..
Dan saya jawab “dia bisa ko bu”
Sembari melirik cucu si ibu yg pake seragam sd makannya masih disuapin 👻👻

Part 5 BLW is OUR WAY

Ya begitulah pemirsah..

Saya mah udah ngerasa cocok cocik cocuuks bgt sama blw..❤❤❤

Ditambah yak..
Demi konsistensi blw..
Saya yg hobinya jalan2 dan ga betah dirumah ini..
Kemana2 menenteng sapu dan pengki kecil..
Plus 1 dompet kecil 🎒 berisi aksesoris makan (sendok, garpu, tisu basah, semprotan steril organik, tisu kering dan slaber)

Daaaaan..
Meski sampe hari ini alice makannya masih kadang mau dan kadang ngga..

Saya konsisten ber blw..

Alice duduk di highchair dengan piringnya.. 👧🏽 🍱

Dan saya duduk disampingnya dengan makanan saya.. 👩🏻 🍝

Alhamdulillah..
Berat badannya selalu baik.
Naik teratur.. 🎉

Dan meskipun blum pinter pake sendok garpu.
Tapi skrg makan udh ngga terlalu berecetan.. 🍴

Saya paham..
Blw is not for everyone..
But it is sure a lot of fun..

Sekiaaaaaan 😝😝😝

So proud of you baby
Alice  😘😘😘
[1/20, 16:56] ‪+62 821-2229-2297‬: Nah..
Jadi kalau menyiasati kenaikan berat badan anak..
Langkah utamanya adalah penyesuaian menu makan yg padat gizi, cukup lemak dan sehat ☺☺☺
[1/20, 16:56] ‪+62 821-2229-2297‬: Menaikkan berat badan bayi bisa dengan pilihan makanan..

Pilih makanan yg bergizi dan bernutrisi baik untuk bayi..
Pastikan 4 bintang WHO terpenuhi dalam 1 hari
🌟 karbohidrat
🌟🌟 sayur atau buah
🌟🌟🌟 kacang2an
🌟🌟🌟🌟 protein hewani
+ sumber lemak tambahan (santan, mentega, margarin, olive oil, minyak kacang, minyak sawit, minyak wijen, keju, dsb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s