Tips membuat Lesson plan hsmn

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Bunda-bunda solihat, hari ini tanggal 6 Januari 2016 tema kita adalah

🌹Tips dan trik membuat lesson plan
🌹

Mari sama-sama kita simak ulasan berikut ini:

📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖

Lesson plan adalah langkah lanjutan setelah membuat kurikulum homeschooling.

Contoh lesson plan yg cukup aplikatif misalnya sebagai berikut:

🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱
Lesson Plan Sabumi HSMN Bandung

LP pekan 1 januari

Senin: Adab 
Adab bila turun hujan doa turun hujan
tidak mengeluh ketika hujan
pencegahan banjir

Tambahan 1 sirah a day; 1 book a day; hafalan surat
➖➖➖➖➖➖➖

Selasa: Sains
Proses terjadinya hujan
Jenis awan
Mengenal pakaian musim dingin/hujan

Tambahan 1 sirah a day; 1 book a day; hafalan surat
➖➖➖➖➖➖➖

 Rabu: Art
berkreasi dengan menggunakan kapas

Tambahan 1 sirah a day; 1 book a day; hafalan surat
➖➖➖➖➖➖➖

 Kamis: Bahasa

Keywords: hujan, awan, air, basah, langit, petir, 
mendengarkan ayah/bunda bercerita tentang tema “hujan”
menceritakan kembali apa yang sudah ayah/bunda ceritakan
tanya jawab mengenai tema “hujan” (kegiatan yang menyenangkan saat turun hujan? Perasaan anak ketika hujan turun?)
menulis/tracing kosakata yang berkaitan dengan tema “hujan”
🔸membaca buku yang berkaitan dengan keywords
🔸mengenal bahasa asing untuk kosakata yang berkaitan dengan tema “hujan”

Alternatif aktivitas untuk Batita:
🔸mengenalkan kosakata dalam keywords (pergunakan gambar untuk memudahkan)
🔸meminta anak menyebutkan keywords
🔸sensory play untuk melatih prewriting skills

Pengenalan huruf hijaiyah:
🔸tracing huruf ha

Tambahan 1 sirah a day; 1 book a day; hafalan surat
➖➖➖➖➖➖➖

☔Jumat: Matematika

🔸Membedakan banyak-sedikit menggunakan air (air hujan)
🔸Membedakan besar-kecil menggunakan awan
🔸Mencocokkan pakaian musim hujan
🔸Menghitung bulan atau musim

*<2 tahun: kegiatan menghitung diganti dengan mengklasifikan (sorting)

Tambahan 1 sirah a day; 1 book a day; hafalan surat

🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱

Referensi utk lesson plan:
http://pensilusang.blogspot.co.id/2013/02/proses-terjadinya-hujan.html

https://desicandra.wordpress.com/2014/01/28/adab-dan-sunnah-nabi-shalallaahu-alaihi-wassallam-ketika-hujan/

Tim Tema Diskusi Harian HSMN Pusat

HSMN.Timtemadiskusi@gmail.com

Sumber:
https://m.facebook.com/groups/1480181202264996?view=permalink&id=1674822506134197
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/hsmuslimnusantara
👥FB: HSMuslimNusantara Pusat
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n
🌐 web:
hsmuslimnusantara.org

📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖

Bagaimana bunda, semoga bermanfaat ya contoh lesson plannya…

Yuk.. kita diskusi…
mari saling menebar ilmu dan hikmah yang telah Alloh beri…

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

KeMisTri….

Selalu di hati….

+628122257688, +628562261242

[1/6, 11:33] ‪+62 821-2229-2297‬: Ini jg bagus

http://ahfafahriansyah.blogspot.co.id/2013/05/menggunakan-lesson-plan-dalam-manajemen.html?m=1
[1/6, 11:33] ‪+62 821-2229-2297‬: http://alkhafy.blogspot.co.id/2008/11/prinsip-membuat-lesson-plan.html?m=1
[1/6, 11:33] ‪+62 821-2229-2297‬: LANGKAH PENYUSUNAN LESSON PLAN

Langkah 1. Menentukan kemampuan yang diperlukan oleh peserta didik
Training needs Analysis: Mendefinisikan pengetahuan dan keterampilan yang diinginkan untuk dimiliki murid setelah pengajaran. Kemampuan ini ditentukan berdasarkan keterampilan yang dibutuhkan di lapangan (menentukan performance objective)

Langkah 2. Menyusun tes / evaluasi
Menentukan jenis test dan evaluasi yang digunakan untuk menilai tingkat kemampuan murid sesuai kriteria penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang diinginkan selama melaksanakan pelatihan.

Langkah 3. Menuliskan dan menguji instruksional objektif
Menuliskan objektif (instructional objective) yang mendukung kemampuan untuk melakukan dan menguji performance objective. Penulisan instructional objective dalam susunan yang sesuai akan sangat membantu pemahaman murid

Langkah 4. Menyusun isi materi pelatihan
Tuliskan 3 atau 4 poin utama untuk setiap instructional objective. Menyusun item dan informasi untuk mendukung poin-poin tersebut kemudian mulai mengurutkan isi. Tentukan waktu yang dibutuhkan untuk mengulas materi , jika alokasi waktu telah ditentukan isi materi dapat disesuaikan kembali agar sesuai dengan mengurangi item atau informasi yang kurang penting.

Langkah 5. Mengorganisasi materi pendukung
Menentukan poin kapan kita akan menggunakan alat peraga visual, hand out dan demonstrasi untuk mendukung dan ikut membentuk sebuah presentasi. Yakinkan bahwa alat-alat tersebut membantu pencapaian objektif dan mendukung pengajaran.

Langkah 6. Merencanakan dan menyusun Lesson Plan
Tentukan cara membawakan lesson plan dan rencanakan secara detail alur penyampaian materi dengan mencatat pengorganisasian penggunaan alat pendukung.

Langkah 7. Menguji Lesson Plan dan meninjau kembali
Mencoba lesson plan yang telah terbentuk untuk menguji apakah dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan objektif yang ditentukan. Penyesuaian mungkin diperlukan pada alur materi, alokasi waktu dan pengaturan tampilan materi pendukung.

Sumber:
Modul Training For Instructur– Emergency First Aid Course– Bulan Sabit Merah Indonesia Jakarta Raya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s