Urgensi membina anak dalam islam

urgensi membina anak dlm islam

1. AMALAN PALING UTAMA

Rasulullah bersabda: “Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.” (HR. Al Hakim: 7679).

Mengenai tanggung jawab pendidikan anak terdapat perkataan yang berharga dari imam Abu al-Hamid al-Ghazali rahimahullah. Beliau berkata,
♡ “perlu diketahui bahwa metode untuk melatih/mendidik anak-anak termasuk urusan yang paling penting dan harus mendapat prioritas yang lebih dari urusan yang lainnya.
♥Anak merupakan amanat di tangan kedua orang tuanya dan qalbunya yang masih bersih merupakan permata yang sangat berharga dan murni yang belum dibentuk dan diukir. Dia menerima apa pun yang diukirkan padanya dan menyerap apa pun yang ditanamkan padanya.
♥ Jika dia dibiasakan dan dididik untuk melakukan kebaikan, niscaya dia akan tumbuh menjadi baik dan menjadi orang yang bahagia di dunia dan akhirat.
♡ Dan setiap orang yang mendidiknya, baik itu orang tua maupun para pendidiknya yang lain akan turut memperoleh pahala sebagaimana sang anak memperoleh pahala atas amalan kebaikan yang dilakukannya.
¤ Sebaliknya, jika dibiasakan dengan keburukan serta ditelantarkan seperti hewan ternak, niscaya dia akan menjadi orang yang celaka dan binasa serta dosa yang diperbuatnya turut ditanggung oleh orang-orang yang berkewajiban mendidiknya”
(Ihya Ulum al-Din 3/72).

2. Orang Tua Shalih, Anak pun Shalih

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا (٧٤)

“Ya Rabb kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al Furqan: 74).
[10/1, 21:14] Asri Hsmn2 Talkshow Hs: TIPS UNTUK IBU spy sll semangat dlm mndidik anak
1. mnjga ke Ikhlasan dlm mndidik anak, krn keikhlasanlah yg “membuat yg berat mnjd ringan, mnjadikan yg jauh mnjd terasa dekat, mnjadikan kesusahan  mnjd penguat perjuangan”

2. Ketahuilah bhwa Anak adlh invstasi abdi kita yg mneruskan cita cita  & perjuangan kita..dan ia mnjd investasi akhirat kita yg bisa mengangkat kita ke surga tertinggi ✅
[10/1, 21:14] Asri Hsmn2 Talkshow Hs: (QS. at thur ayat 21)
Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga)  dan Kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka.
[10/1, 21:44] Asri Hsmn2 Talkshow Hs: Ust. Andri

♥ KONSEP ISLAM tntang ikatan suami-istri
Mereka (para istri) adalah pakaian bagimu dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka,” (QS. Al-Baqorah: 187).

¤ Menutup aurat adalah fungsi pakaian, begitu juga sepasang suami-isteri harus menjaga Aib masing-masing, tidak mengumbarkannya, namun harus saling menutupi dan melengkapi kekurangan-kekurangan sesama pasangan.

¤ Pakaian ada untuk melindungi dari dingin dan panas, selalu menemani pemiliknya dimana pun berada, begitupun dengan pasangan hidup harus saling melindungi dari bahaya, bersama menyelesaian permaslahan hidup, selalu hadir menemani saat suka maupun duka, menimbulkan rasa haromis, aman dalam rumah tangga, dan bukan sebaliknya.

SALING MEMBANTU & MELENGKAPI dlm mnjalani bahtera rumah tangga, yg d dlm nya diantaranya peran  mndidik anak
[10/1, 22:09] Asri Hsmn2 Talkshow Hs: Ust Andri

sepajang yg saya tahu dari pnjlasan syeikh :
1. KETIKA  IBU LG HAMIL
-memperbanyak tilawah
-doa spy anak mnjd pjuang
-Nadzar kpd Allah bahwa anak yg d kandungnya  d wakafkan untuk pembebasan al aqsha, sbgmn siti maryam ktk sdg d kandung d wakafkan oleh org tuanya
[10/1, 22:14] Asri Hsmn2 Talkshow Hs: 2. ktk balita
-memperbanyak tilawah  d hadapan anak shg mmpermdah anak mnjd hafidz
-dtumbuhkan kepercayaan diri
-d latih keberanian mlakukan sesuatu

3. ktika usia 7-15 tahun
– d latih shalat berjamaah dimesjid
-d latih shalat shubuh d mesjid
– d ikutkan dlm pesntrennkilat musim panas untuk menghagal al quran
-ditumbuhkan jiwa patriot
-mnmbuhkan cita cita mnjd shalahuddin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s