My 4th Birthing Story

Hpl : 18 jan 2015
Planning : homebirth waterbirth with bidan okke
Ikhtiar : homevisit bumi ambu’s team,
Baca buku gentle birth, the art of waterbirth, yoga prenatal w/ t nenna, hypnobirthing class w/ eli
Kekhawatiran : tgl 2-11 jan bidan okke umroh, tutup praktek

Plan B : lahir normal di rb. Bunda nanda oleh dr. Ani supriyatni, spog

Dr. Setyorini sdh kasih surat pengantar dari rb. Roemah bunda utk ke klinik emma

Lebih sreg ke bunda nanda krn hommy dan tempat lahiran umar+salman

Senin, 5 jan 15 sore kontrol ke dr. Ani utk persiapan plan b, berhubung blm setor muka lg. Praktek jam 17-21, datang jam stgh5 dpt nomor urut 4

Dr. Ani : usia kandungan 37 mgg, berat bayi 2,8 kg, laki2, posisi kepala sudah bagus di bawah, hpl 20 jan, tinggal nunggu kontraksi aja dan lgsg datang ke sini, alhamdulillaah

Ayah mamah sdg ke jombang tebu ireng untuk ziarah ke makam romo kyai hamid dan silaturahim ke gus solahiddin wahid, pamitan ayah mau ke lebanon untuk dubes. Berdua aja naik kereta api, 2hari : senin selasa

Rabu, 7 januari 2015
Pagi mamah telp sdh sampai bdg lagi : gmn mbak? Udah kontraksi blm? Mamah di kereta dari kmrn berdoa mb iin jangan dulu mules

Haa? Maah, aku masih lama atuh, hplnya juga tgl 18, malahan kmrn senin kontrol dr ani dibilang hplnya tgl 20 jan, msh 2mgg lagi, jangan dulu ah msh bnyk kerjaan

Hush. Jangan ngomong gitu, perutmu udah dibawah bgt mbak. Masa sih masih lama?Kalo udah saatnya mah jangan ditunda. Udah siap2 perlengkapan bayi?

Iya mah kan dibeliin mamah bnyk bgt alhamdlh, nnt aku beres2in setelah beres semua laporan salon dan anak2 selesai libur. Pada masuk senin depan tgl 12 kan mah

Siangnya kepikiran bongkar perlengkapan bayi dari mamah. Anak2 msh kumpul semua di rumah liburan sekolah gak berani kemana2.
Ngajak mbak azka nyuciin baju2 bayi, flanel, popok, sarung tangan kaki, handuk. Masuk semua ke mesin cuci setelah dicopotin merknya
Subhanallah beruntungnya punya mamah super baik, semua lgkp tersedia sampe azka bengong. Bener2 umminya blm beli apa2, gak sempet mampir lavie
1. Baju +celana merek fluffy dan little velvet
2. Popok tali kaos katun tebel
3. Celana dalem dan celana pendek
4. Kaos singlet dan gurita
5. Sarung tangan kaki bayi dan waslap
6. Flanel utk bedong
7. Perlak kecil dan besar
8. Tempat tidur baby pake jaring
9. Bedak, baby oil, cologne,minyak telon, haircologne switzal, tempat bedak, sisir
10. Kain sarung, bengkung, bh mnyusui, cln besar, kain gendongan

Ngejemur berdua bareng azka smbil takjub betapa kecil semua bayinya hihi. Tapi kok mulai kerasa ada cenay cenut ya.. Apakah ini gelombang cinta dari rahim? Meringis2 nahan. Azka: ummi kenapa? Bener udah mw lahiran? Aku tlp abi dulu sdg di kantor

Tp abi santai sesantai ummi -tadinya- sampai maghrib intensitas makin terasa. Ambilin bbrp baju dari jemuran yang msh lembab, lgsg disetrika smbil ngitung waktu kontraksi, tiap 5 menit
Lgsg nelp abi ngabarin kyny hrs ke klinik segera minta beliin pampers dewasa dan softex bersalin

Packing tas :
Baju kancing depan 2
Kain baiknya jangan sarung 4
Bh menyusui dan cd 2pcs

Baju bayi 2pasang
Flanel bedong min 4
Popok bayi 6
Gurita 4
Sarung tangan kaki
Handuk, sabun bayi

Makanan snack minuman
Tiau basah dan kering
Perlengkapan baju abi yg nunggu

Mghrb brgkt pengen makan malam dulu anak2. Desi sdg pulang ke kediri, teteh senin kan gak kerja. Gak masak jadi mau beli diluar. Beli sop kaki turangga aja, tdnya abi mau ngajak makan di pedro tp udah bener2 gak kuat, makin keras dan sering mulesnya

Nelpon mamah mau jemput dan nitip anak2 di martanegara, untung msh libur jd bawa baju main aja. Ada paman dan ramdan

Bawa madu, telur ayam kampung, rumput fatimah, gak minat makan sama sekali. Bawa birthing ball, ipod isi hypnobirthing bu lanny koeswandi dan udah mulai disetel selama perjalanan

Abi beliin nasi goreng 2 bgks utk dibekel makan disana. Jemput mamah jam 10, drop anak2 dan meluncur ke cipadung sambil solawat dan merilekskan diri. Nikmati gelombang rahim

Jam stgh11 sampai bundananda, abi laporan daftar, bidan ngajak ke ruang bersalin utk periksa dalam. Heu males bgt wegah. Ternyata bukaan 4, disuruh ngisi form pendaftaran ruangan dan nunggu aja di dkt ruang bersalin. Anak ke 4 sdhbukaan 4 bisi cepet katanya

Abi pesen ruangan bunda 1, vvip. Luas bagus, semalamnya 500rb tapi jauh di belakang -gedung baru

Nurunin birthing ball, goyang inul sambil duduk di atasnya dan nafas perut ky di yoga. Tarik hidung buang mulut (kls hypno eli. Klo yoga mah buang hidung juga)
Bayangkan otot rahim rileks, membuka jalan lahir untuk adek

Makin kuat, dipegangin dan dipandu abi, tangan ke atas dan telapak tangan dibuka, jangan dikepal biar rileks. Mamah siapin kuning telur ayam kampung dan madu utk tenaga berhubung blm makan malam. Telor dapet 3butir meskipun pgn muntah
Minum minyak klentik juga. Mamah nawarin rumput fatimah ditolak karena ngerasa udah cepet bukaannya. Bidan : ibu bawa bola dari rumah? Padahal disini juga ada hehe

Berhubung makincepet, mamah minta dokter ditelp. Kata bidannya nanti jam stgh1 baru mau dia PD lagi apakah sdh nambah bukaan baru kontak dokter

Heuu kelamaan atuh pd nya baru jam stgh1. Minta dicobain krn udah sering. Jam stgh 12 di pd ternyata udah bukaan7. Bidan pamitan nelp dr ani

Bukaan 7 diminta utk tetep di tempat tidur bersalin atau boleh klo mau turun. Berhubung capek, tiduran dulu miring kiri. Bidan balik bawa kabar klo dr ani sdg sc di hermina arcamanik. Klo keburu bliau mw lgsg ke sini tp klo enggak nanya siapa dr lain yg mw dhubungi

Gpp, klo gak ada dokter sama bidan aja, yg penting selamat

Gak mau dikontakin dokter yg lain?

Gak usah, malah nunggu lagi nantinya

Ok kalau begitu, mau diukur detak jantung pake ekg. Sabuk dipasang di perut, klo ada kontraksi lgsg pencet tombolnya, bukan pas bayi gerak
Hasilnya kondisi bayi oke, gak stress

Bidannya pamit masuk tidur dulu krn sdh tengah malam. Kontraksi makin parah. Abi ngingetin rilex, tarik nafas jangan ngepal tangannya, sambil miring tiba2 pyar ketuban pecah.. Segera panggil bidan

Dan mereka tergopoh2 masuk bawa alat selang dll mata merah bangun tidur. Udah bukaan lengkap bu.. Ayo siap2 atur posisi

Waduuh lupalagi kakinya hrs kemana, mnt bantuan bidannya dan keempatnya atur posisi bantu. Beralih ke nafas pendek2 arah ke perut, tapi kok hilang fokus

Bidan : ayo bu mulai ngeden
Aku : eh? Kok ngeden ya? di yoga dan kelas hypno kan jangan ngeden
Bidan : ayoo buu kaya mau pup aja
Aku : sekarang?? *msh loading beda teori
B : nanti pas Kontraksi bu. Bentar lg siap2… Sambil nguyel2 udel mancing kontraksi
Untuk yg pertama kali entahkenapa gak ngerasa pengen ngeden sampe susah nahan
Dikasih aba2 ngeden dan alhamdulillaah oee
8 januari 12.33

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s