The journey of my 4th baby : 35weeks Prodia

Periksa ke dr. Setyorini hari rabu, 17 des 2014, jelang mau ke jakarta hari kamisnya, jd pendamping keluarga di pelantikan ayah jd dubes lebanon.

Keluhan : batuk parah berdahak udah seminggu

Pas di usg : posisi kepala udah bagus di bawah. Tp blm masuk. Klo hamil pertama bs masuk panggul mulut rahim, tp hamil kedua dst baru akan masuk mulut rahim saat kontraksi.

Tiba2 dokter tanya : suka makan sate ya??
Me : haah?? Enggak ah dok, jarang pisan, kmrn aja makan 2 tusuk pas punya azka gak habis
Dok : waah, harusnya bs bersabar.. Hati2 jangan sampe makan sate, bakarnya gak sempurna, pas dagingnya kurang bagus juga
Me : emang kenapa dok?
Dok : ini ada cairan di kepalanya bayi sd 1,5 mL
Me : speechless. Duarr kwagett… Mak..sud..nyaa.. Astaghfirullaah
Dok : iya, harusnya cairannya gak lebih dari 1mL, tapi ini kok skrg jd 1,5.. Jarak cuman seminggu

Me : itu penyebabnya apa dok?
Dok : virus cmv atau tokso. Bisa juga dari sayuran mentah : timun, tomat, lalab
Me : terus jd saya hrs gmn dok? Pekan lalu pas kontrol kam gak ada apa2 kok tiba2 begini
Dok : nih, dari hsl usg sebelumnya udah ada kok, kliatan.. Sedikit, saya anggap biasa aja.. Tp kok nambah bnyk. Ya harus diobatin, tp apakah diobatin terus sampe menjelang lahiran atau gmn hrs cek darah dulu biar pasti ya.. Saya buat pengantar ke prodia bubat yg deket aja. Syukur2 hasilnya sdh ada besok, lgsg bw sini mnt sy kasih obat
Me : sy mw ke jkt dok, seharian
Dok: wah saya jumat sabtu juga gak akan praktek ada perlu, tp gpp, hslnya aja bw kesini nnt sy siapin dan titipin obatnya

Daaan… Dengan hati hancur lebur dengan hujan mengguyur bandung sore itu, daku bergegas nyetir ke prodia ditemani azka. Umar salman sdg taekwondo persiapan ujian naik tingkat

Di prodia, begitu dikasih pengantar ternyata ada 4 uji yg hrs dilakukan dan harga totalnya 1.080.000 weleh2

Bayar pake debit bca
Petugasnya : ibu kenapa disuruh tes ini?
Me : gak tau, tdnya cm mau kontrol batuknya tp malah ada cairan di kepala bayi ktnya.. Pdhl minggu lalu kontrol gak ada apa2

Petugas : tp kmrn2 mmg bnyk pasien dr setyorini yg juga diminta tes ini kesini bu
Me : hwee??
Langsung diambil darah 30mL dari lengan kiri. Bismillaah ya allaah

Galau berat
Pas pulang cerita ke abi smbil pingin nangis
Masa’ iya makan sate 2 tusuk bs gini??
Kebayang hidrocefalus naudzubillaah dan bayangam gbs homebirth hiks hiks

Googling, ada resiko cacat, hrs operasi dll.. Ya allah lindungi anak hamba

Berpikir utk second opinion. Usg 4d
Cari2.. Di bandung ada dr yena di limijati. Hari jumat pulang dari jakarta daftar kesana, kebagian sore jam4, tp keselang ada operasi jd baru masuk bd maghrib
Baik banget, ramah, sunda, lembut
DrY : meni resep mau 4 anaknya
Usg : baik kondisinya berat 2,6
Me : kata dr setyorini ada cairan di kepala
DrY : coba2 saya liat dulu.. Dimananya katanya? Kok menurut saya gak ada? Pasti disuruh makan mengkudu yaa
Me : iya. Dikasih 1 botol aqua besar diminum sehari 3x 100mL ssudah makan
DrY cuman senyum. Ya gpp juga sih kalau punya keyakinan bhw mengkudu obat mujarab segala sesuatu, asal bener mah ya
Udah bu, sehat kok. Usg 4d juga gak perlu utk ibu krn sehat

Alhamdlh

Pulang hujan dari limijati mampir ke prodia ambil hasil lab.
Toksonya negatif.
Alhamdulillaah ya Allah
Uangnya dikembalikan 370rb

Ya Allah mhn lindungi keluarga kami, karuniakan anak solih yg sehat cerdas sempurna dan hindarkan dari penyakit ataupun kerusakan

Kontroling 5hr kemudian ke dr. Setyorini bawa hasil lab :
Hoo bu, ternyata toksonya negatif ya
Tapi cmv positif

Whatt?? Asthgfrlh, gak teliti baca hasil labnya
Jd gmn dok?
Ya gpp, diobatin aja

Cmv ini yg hydrosafalus klo gak diobatin
Penyebabnya apa dok?
Air liur balita
Misalnya salaman sama pengasuh bayi, atau ngelus2 bayi balita kena air liurnya dan makan pake tangan

Jd pesen saya, diminum obatnya dan makan pake sendok ya. Mudah2an msh kekejar pengobatannya sblm lahiran. Insya allah sih masih keburu

Ini infeksinya bisa melewati plasenta soalnya virusnya, angkanya tinggi dan diduga sudah sejak 4bulan yl

Abi : sisa bekas herpes papa kali ya mi? Kan virusnya satu golongan torch

Ya allah lindungi.. Beri kesembuhan..
Kok dr. Yena gak bilang ada apa2 yaa? Ukuran kepala normal, gak ada cairan apapun, sehat??

Tp jd keingetan pas ngobrol sama bidan okke pas ditanya kontrol sama dr siapa, t okke bilang klo dr. Setyorini kan konsulen fetomaternal. Ambil sub spesialis lagi. Ahli usg
Mgkn dengan ilmunya beliau jeli

Dikasih obat : untuk 5 hari
Valtrex : valacyclovir 500mg, sehari 2x
Dan mengkudu-rosela, diminum 100mL sehari 3x

Ya allah, engkau maha berkuasa
Sehatkanlah anak hamba, jangan berikan ujian yang kami tdk sanggup memikulnya

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/555/31253203/files/2014/12/img_5700.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/555/31253203/files/2014/12/img_5701.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/555/31253203/files/2014/12/img_5704.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s