The journey of my 4th baby : Home visit 36weeks

Bismillaah
Kehamilan ke 4 ini, Allah berikan nikmat memberdayakan diri..
Tentunya setelah kenal gentle birth saat di galenia. Yang meskipun, saat ini klinik galenia resmi ditutup per oktober 2014 seiring dg mundurnya dr. Widyastuti dari cv. Galenia.
Hmm.. Gak bisa melahirkan di klinik sendiri itu memang sesuatu, hihi.. Sakitnya tuh disinih..

Let’s move on!!
Alhamdlh msh kontak2an dg bidan cantik t okke erviana, sempet berkunjung ke bumi ambu di adipura, pas pulang dari bir, dan smpt booking mnt bantuan beliau utk bantu persalinan kelak. Smg Allah jodohkan..

Baca2 buku gentle birth karya bidan yessie aprilia :
Kata siapa melahirkan itu sakit
Gentle birth
The art of water birth
Hypnobirthing -ibu lanny koeswandi
Dll

Gabung di fb grup GBUS, gentle birth utk semua

Minta foto2 dan video gentle birth dari temen2 galenia dokumentasi dulu

Yoga prenatal with teh erna nena tiap kamis sore @ galenia

Bikin birthplan, dan aneka aktivitas gentlebirth yang terus menggulung bak bola salju tak terbendung..

Ya Allah.. Jadikan semua ini menjadi ilmu yang bermanfaat untuk diamalkan kelak aamiin

Berhubung punya opsi untuk homebirth, maka harus ada home visit terlebih dahulu dari nakesnya. Janjian pas pekan ke 36
Hpht : 13 april 2014
Hpl : 18 januari 2015

T okke nge bbm janjian utk homevisit hari selasa, 23 des 2014. Usia kehamilan 36 w, 1 hari.. Bismillaah..

Jam 11, t okke ditemani 2 asisten cantiknya, t ami dan teh… Bidan2 muda yang fresh sampai di rumah jatimulya no.8

Pertama diminta ngisi biodata :
Nama suami/istri
Alamat, TTL
No hp
Pekerjaan
Pendidikan, kewarganegaraan

Selanjutnya di wwcara lisan deh ttg riwayat kehamilan sebelumnya :
1. Azka thn 2003, Bb 2,5kg, 39mgg, normal
2. Umar thn 2005, Bb 3,7kg, 40 mgg lewat 3hari, normal
3. Salman thn 2008, Bb 3,2kg, 40 mgg lewat 1hari, normal

Semuanya lancar alhmdlh gak ada penyulit apakah itu saat bukaan maupun saat mengejan

T okke ngasih bbrp info :
1. Anak ke4 biasanya cepet, mengingat mulut rahim sdh cenderung lunak
2. Di parakan saat kliennya, nelp jam stgh6, sampe rmh jam 7, tdnya bukaan 5 lgsg loncat ke bukaan lgkp
3. Prinsipnya nakes hny menemani dan ‘nampani’
4. Homebirth sebetulnya tdk disarankan oleh nakes, tp bs dilakukan jika tdk ada riwayat resiko melahirkan dan persalinan. Maka kontrol rutin ke spog sangat dianjurkan di trimester3 ini -klinik utama roemah bunda. Dr. Setyorini spog fetomaternal (spesialis usg) di hasan saputra 16 tp gbs persalinan disana
5. Saat pelaksanaannya, apakah klien ke bumi ambu atau tim yg dtg ke rumah dipersilakan, selama bumil merasa nyaman. Nnt insting yang akan memandunya akan melahirkan seperti apa
6. T okke akan umroh, pergi tgl 3-11 januari. Heuu.. Mudah2an dede bs nunggu ya.. Insya allah.. Sembari kita menyelesaikan semua agenda dan amanah2 sebelumnya dulu
7. Saat homebirth perlu dipastikan tempat rujukan terdekat yang akan disurvey oleh t okke lgsg sebelumnya mngenai jalur perjalanan, jarak dan prosedur rs. Utk kondisi darurat. Dari rumah berarti bisa ke rs. Muhamadiyah atau rs. Al-islam
Untuk kondisi tdk tll darurat bs dirujuk ke tengah kota, misalnya ke hermina
8. Setelah bnyk belajar di galenia, t okke skrg jd taat sop, tdk hny semangat gentle birth bahwa semua ibu ba melahirkan normal. Misalnya yg kpd – ketuban pecah dini, sopnya 6 jam dari rembesan, wajib dirujuk ke spog. Selama airnya jernih. Klo pas kpd sudah hijau warna ketubannya, wajib lgsg ke spog, tdk ke bidan. Insya allah sop dibuat juga berdasarkan pengalaman dan penelitian. Kecuali yg sudah dekat dg t okke kadang ditambah waktu 2 jam-an
9. Hasil penyuluhan dari kemenkes thd bidan2 nasional adalah utk bs menghandle sebisa mgkn persalinan normal, jangan juga gampang merujuk, karena angka sc di rumah sakit hari ini makin tinggi, maka bidan dimohon bantuannya utk mengurangi angka ini dg memberikan pelayanan prima thd pasien pro normal
10. Pada prinsipnya kesehatan ibu dan bayi yg utama. Kondisi fisik ibu bisa terlihat dari detak jantung, tensi, kelelahan dsb. Tp kondisi janin bs terpantau dari ketuban dan plasenta. Selama plasenta utuh dan ketuban jernih insya allah aman
11. T okke tdk akan melakukan pemecahan ketuban meski bukaan lgkp. Alami saja. Utk kehamilan kedua dst, pecahnya ketuban justru memicu kontraksi lebih baik utk membuka jalan lahir
12. T okke tdk lagi akan memandu mengejan, karena cukup hanya dengan tarikan nafas yg baik dan kontrol ibu bs membuat bayi keluar lembut tanpa robekan. Rekor adalah bayi anak pertama bb 4kg dan bayi anak kedua bb 4,1 kg. keduanya lancar tanpa robekan. Jd sangat penting berlatih pernafasan
13. Bberapa pasien ada yg suka dipijat endorphin, atau diusap atau bahkan tdk diapa2in. Mangga, nakes hny akan menemani dan membantu pernafasan. Intinya ibu hrs sangat rileks
14. Saat kontraksi datang, beraktivitas spt biasa saja. Silakan makan, klo gbs masuk karbo juga gpp, makan eskrim dll diperbolehkan. Nnt ada waktu yg menunjukkan perut sangat kencang dan kontraksi tanpa henti dan itulah saat akan keluar
15. Posisi melahirkan dibebaskan pada ibu, apakah tidur atau bahkan duduk. Ada klien yg inginnya jongkok brdiri dan akhirnya melahirkan dg jongkok. Setel musik jazz dan nari dg suaminya
16. Setelah bayi lahir, tidak akan ada darah, ibu akan disuntik oksitosin utk memicu kontraksi yg mengeluarkan plasenta. Jarak normalnya 10-30mnt pasca bayi lahir. Nakes akan bantu memijat bagian perut dg melingkar utk membantu merangsang kontraksi. Jika kontraksi baik, suntikan oksitosin juga tdk diperlukan.
17. Hal lain yang memicu kontraksi yg mengeluarkab plasenta adalah bau kepala bayi. Makanya setelah lahir, bayi akan disimpan di dada ibu utk imd selama 2jam, dan tdk akan diberi topi bayi. Insya allah suhu tubuh bayi akan dijaga agar stabil.
18. Tali ari jika tdk ada lilitan tdk akan dipotong atau dibakar, sampai berhenti berdenyut. 6-8jam. Klo lilitan renggang juga delayed cord clamping tetep bisa dilakukan. Kecuali lilitan kencang dg terpaksa minta izin digunting. T okke akan membawa wadah utk menyimpan tali ari dan plasenta
19. Penimbangan bayi baru bs dilakukan setelah imd selesai 2 jam. Bayi dibersihkan dan dimandikan
20. Perdarahan pada ibu terjadi setelah melahirkan plasenta. Karena rahim yg tdnya besar jd mengecil, mengkerut. Dan lepasnya plasenta dari dinding rahim yg mengandung pembuluh darah besar memang akan mengakibatkan darah keluar
21. Dulu klo di galenia, bumil pasca lahiran dilap saja. Tp bnyk masukan kurang nyaman dan cepel. Maka skrg t okke melakukan luluran sambil dipijat oleh asistennya berdua dan dimandikan ibunya sampai bersih dan siap menerima tamu
22. Bayi baru lahir sopnya diberi salep mata yg diberikan seperti pemberian eyeliner dan disuntik vitamin k untuk mencegah infeksi yg mgkn terjadi saat keluar dari vagina ibu
23. Untuk ibu yg pro imunisasi, jangka waktu 12 jam pasca dilahirkan, bayi akan diimunisasi hepatitis b
24. Waterbirth msh difasilitasi oleh t okke bagi bumil yg anak pertamanya wb atau yg sudah melek dan mengetahui wb. Bagi yg awam tidak
25. T okke diajak liat bath tub kamar mandi, katanya ok cukup, malah lbh mudah utk pengisian dan pembuangan air ditambah ada water heater.
26. Dulu di gale, air yg digunakan suam2 kuku, testimoni klien, ingin yg jauh lbh hangat spy terasa lbh rileks
27. Bisa masuk kolam saat bukaan ke 8, tp kalau lebih awal juga gpp krn pengisian menggunakan bathub lebih cepat
28. Melahirkan plasenta di dalam air juga bs dilakukan jika menggunakan bathub. Yg jd patokan bidan adalah saat pendaraha terjadi pasca melahirkan plasenta. Tetesan darah di air kan menjadi lbh terlihat bnyk. Proses pembersihan air bs cepat dilakukan
29. Kalaupun mau melahirkan plasenta di darat juga ok aja, nnt perlu diperhatikan saat movingnya, perlu diberi alur utk jalan agar tidak netes2 dan mengotori lantai
30. Bed yg digunakan adalah bed yg nyaman. Jika akan menggunakan bed eksisting spt di kamar, maka kepalanya brarti dibalik. Krn posisi bidan saat melakukan tindakan haruslah berada di sebelah kanan pasien
31. Jika perlu merujuk, gak pake ambulans, biasanya t okke sendiri yg bawa mobilnya spy gak kaweur. Tp selama ini di bumi ambu angka rujukannya kurang dari 5org. Insya allah tenang, rileks, lancar
32. Banyak olahraga. Yoga prenatal smgg sekali cukup, tambah jalan kaki cepat 1jam. Tp berhubung daku msh batuk pilek dianjurkan sembuhkan dulu sampai vit. Boleh minum obat batuk dan tidur 8jam sehari. Jika malam terganggu, boleh ditambal siang harinya. Virus kan hrs daya tahan tubuhnya yg ditingkatkan. Selama gak ada demam, gak usah antibiotik.
Kmrn dikasih comtusi sama dr. Yena limijati
33. Jika lahiran pagi, t okke beserta tim alan berada di rumah sampai maghrib, dampingi mandiin bayi dan ibu sampai asi bs keluar maupun debay bs pipis dan pup
34. Visite dilakukan kembali di hari ke 3 dan ke 7 pasca lahiran. Semoga lancar semua yaaa
35. Tentang rumput fatimah. Penggunaannya perlu kebih diperhatikan karena penelitiannya kangak diketahui kekentalan dan brp lama merendam. Boleh diminum klo sdh bukaan besar. Tp yg perlu diwaspadai, rumput fatimah itu memicu kontraksi tp gak buka jalan lahir.. Pernah kasus satu klien di galenia yg lahirannya bagus lancar gak ada robekan, to hbs plasenta keluar, pendarahan gak berhenti, dirujuk ke dr edi boromeus, ternyata pasien minum rumput fatimah
36. Dilakukan pemeriksaan tensi. 98/78 denyut nadi 119. Mgkn kurang minum klo nadinya tinggi. Tensi normal
Berat badan : 62kg hoho.. Naik 10 kg deh. Sebelumnya kan 52kg
Diperiksa doppler : bagus detak jantungnya 147 normal. Kisaran 121-160
Lingkar perut : berat bayinya 25,26,27 kg dg potensi kekeliruan 20%
Posisi bayi sdh bagus. Kepala sdh masuk separuh ke mulut rahim tp blm ngunci. Air ketuban banyak, alhamdulilaah

Sehat selalu ya debay.. Habib? Hakim? Syamil? Hehe.. Udak kenalan sama ateu okke dan tim, tungguin ya lahirannya.. Biar didoain di mekkah sana

Jadwal upcoming :
1. Gajian salon tgl 26, 28, 30 des
2. Bagi raport assalaam tgl 27
3. Tes non akademik asy syifa mb azka tgl 2 jan 2015
4. Masuk thn ajaran baru tgl 12 jan 2015
5. Tes akademik asy syifa jk lolos kemungkinan tgl 14 jan 2015
6. Ayah mamah berangkat ke lebanon sbg dubes pasca pelantikan tgl 18 des14

Bismillaah ya Allaah
Izinkan hamba mempersembahkan persalinan terindah bagi anak hamba melalui homebirth gentlebirth waterbirth
Normal, lancar, mudah, tanpa rasa sakit, sehat, sempurna fisik, ibu dan bayinya.. Lahir pada waktu yang tepat, bs didampingi t okke dan tim dan orang2 terdekat yg disayangi

Aamiin ya allaah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s