My 1st birthing story : Mbak azka

Amatul Aliyya Azka Rahmani
24 Oktober 2003 / 10.15 wib
2,5 kg/ 48 cm
Rb Aria Utama – komp. Aria Graha
Dr. Tita

Mens terakhir 27 jan, perkiraan lahir 3 november.
Hpl masih semiggu lagi, ummi ada ujian frs. Setelah ini ada break jelang ujian apoteker. Kalau dihitung2.. Bakalan ngepas deh.. Ujian frs terakhir sebelum lahiran, terus break 1bulan untuk ujian apoteker, sesuai dg istirahat 40hari pasca lahiran.. Woow indah ya dunia jika kejadian ssuai schedule

Tapi kenyataannya…

Kamis 23 oktober 2003. Siang

Sedang belajar frs untuk besok tapi kok ada kram perut.. Ditahan.. Tapi kok makin sering.. Mamah ikutan ngitung, 10 mnt sekali..
Ayo jalan2 muterin rumah sambil baca ttg informasi obat

Maghrib akhirnya kontrol ke alkautsar tempat praktek dr. Setyorini.. Trnyata libur praktek sdg aa acara di luar negeri. Hpnya juga gak aktif.. Weleeh cadangannya siapa yaa??
Dr perempuan ya ke dr tita di metro. Antri periksa tp blm ada pembukaan katanya. Bs jadi nanti malam. Pesennya klo udah ada flek/ lendir darah/ pecah ketuban lgsg berngkat ke rb. Aria utama komplek aria graha.
Dr. Tita ini pertama kali ketemu di kimia farma pajajaran pas sdg kp. Sbtlnya kurang hangat dan sangat kaku, tp gak pny referensi dokter perempuan spog lain.
Teringat dialog di ruang prakteknya. Sebagai ibu muda hamil anak pertama nanya: dok apa aja pantangannya utk bumil ya? Dan jawaaabannyaaa : jangan narkoba, merokok dan alkohol. Lempeng tanpa basa basi dan liat wajah.. Hohoo.. Ic.. Lgsg speechless

Malem pulang ke taurus gbs tidur, kontraksi terus, msh juga baca farmasi rumah sakit, berharap bsk pagi kontraksinya berhenti.. Makin cepet per 10 mnt, per 7 mnt.. Mamah nyuruh minum rumput fatimah.. Dan satu wejangan yang makjleb :
Mbak, kamu harus ikhlas, mau jadi ibu, mgkn mmg gbs ikut ujian.. Fokus aja sama persalinannya.. Coba bayangin klo bsk mbak bs berangkat, ujian di lantai 6 gku baru.. Trus tiba2 mules.. Apa gak lebih berbahaya dan merepotkan orang lain??
Lgsg melongo.. Bener2 gak kepikiran.. Dan inilah bukti cinta seorang ibu, rela mengorbankan nafsu dan mimpi pribadi utk buahhatinya.
Akhirnya buku frs resmi ditutup dan mulai jalan2 lagi..

Jam 03.00 berasa pingin pipis, ke kamar mandi dan tiba2 croott.. Air ketuban pecah.. Cepet2 pasang perlak di mobil esteem dan menuju rbau. Telpon johar dan ayah yg msh dijakarta krn persiapan mw brgkt ke turki -minta doa

Jumat, 24 oktober 2003. Dini hari
Nelpom dulu sebelumnya. Sampai sana disambut dua bidan muda. Baju yg super basah diganti.. Periksa : bukaan 2-3. Disuruh tidur santai smbil wwcara : bu kalau anak pertama dan hasil usg perempuan mah biasanya lama. 1 pembukaan itu bisa 1 jam.. What?? Sampe bukaan lengkap harus nunggu 10 jam? Lemes duluan.

Mamah pantang menyerah. Nyuapin kuning telur+madu dan rumput fatimah+air zamzam

Jam 6 pagi dicek pembukaan 5,8,10 disuruh pindah ke ruang bersalin

Ya Allah tolong hamba, subhanallaah wal hamdulillaah.. Allah sakit, tdk membebani seseorang diluar kesanggupannya.. Hasbunallaaah wa nikmal wakil.. Astaggfirullaah.. Minta maaf ke mamah dan abi

Dr. Titanya mana? Sdg dijalan bu.. Posisi ngeden tp pantat jgn diangkat. Jangan mgeden dulu sblm bayi masuk ke mulut rahim nnt kehabisan tenaga

Tarik nafas dari hidung keluar mulut sambil bersuara. Pipis dan bab dihabiskan dulu supaya mudah

Dr tita datang, diminta ngeden tp tnyata kepala blm turun semua. Dan otomatis bliau bilang : wah, ini mah masih lama.. Sambil keluar ruang bersalin dan kedengeran suara mobilnya

Lha dok?? Itu dokter kemana?
Bidan : sdg ada keperluan, nnt balik lagi. Skrg ibu tugasnya bertahan.. Kalau tetnyata lahirannya sama kita dan bukan sma dr, gpp?
Ya iya atuh, asal selamat
Gak berapa lama kemudian sangat ingin pup.. Bilang ke bidan.. Katanya : klo msh bs ditahan, ditahan aja tp klo udah gbs, mangga

Dan akhirnya ngeden ky lg pup, tapi tiba2 ada yg ngeganjel.. Kata abi : iya bagus, ayi sedikit lagii.. Hah keluar? Tp keburu habis nafas.. Atur posisi lagi, tangan dintara lipitan lutut, mata buka lihat arah ke perut, pantat jangan diangkat

Dan akhirnya jam 10.15 lahirlah bayi mungil amatul’aliyya azka rahmani.
Disuruh tunggu dulu krn perut msh kerasa mules, ternyata buat lahirin plasenta

Dijahit, ada robekan. Pake benang yg jadi daging. Tiap pipis dan pup dibasuh air dingin ya, jangan takut justru biar cepet sembuh dan gak lengket

Suara tangisan bayi bikin kaget aa, pakde bude neni. Aa ngedeketin hp di pintu ruag bersalin biar ayah ba denger suaranya. Sdg siap2 mau jumatan dan lgsg brgkt ke turki

Terima kasih atas doa semuanya yaa..
Di adzan dan iqomah sama abi.
Alhamdlh sehat diperiksa dr. Dewi purnama sp. A. Berat 2,5kg panjang 48 cm
Malam ramadhan mubarrak.. Semua menyambut dengan tarawih. Busui libur shaum tahun ini

Amatul aliyya azka rahmani
Hamba allah yg maha tinggi, yang cerdas pintar dan penyayang

Alhamdulillaaah, terima kasih ya Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s