Note 006/2014/Poligami (again)

Berita Anis Matta yang poligami menjadi trending topic hangat di kalangan kader dawah. Istri pertamanya menemani biduk dengan sangat harmonis. Istri kedua yang bule adalah mualaf cerdas nan jelita.
Keduanya bersatu dalam rumah yang sama. Betapa seperti syurga dunia.

Ada yang berpendapat bahwa sang ustadz sebetulnya sangat memungkinkan untuk beristri 3 dan 4. Tapi itu tidak beliau lakukan padahal kesempatannya sangat besar. Ada sih yang berkomentar “tinggal tunggu waktu saja” atau “kita aja kali yang gak tau”. Wallahu alam

Tulisan ini bukan untuk bergosip. Melainkan mengambil pelajaran dari episode hidup manusia lain terkait poligami yang jelas merupakan aturan islam yang wajib kita imani. Tapi entah mengapa hati ini selalu sesak tiap mendengar kisah poligami yang gagal.

Ada kawan yang baru mengetahui bapaknya poligami dan sudah memiliki anak lain. Ibunya dan dia saja yang akhirnya tau. Adik2nya ditutupi dari berita ini karena masih belia. Alhasil kawan inilah yang menafkahi adik2nya kemudian karena sang bapak harus menafkahi keluarga lain.

Ada istri kontraktor sukses yang punya4 mobil kemudian bangkrut total hingga sang suami menghilang dengan meninggalkan 3 anak dan tagihan hutang yang baru diketahui kemudian. Tapi wanita adalah makhluk yang kuat. Apalagi seorang ibu. Hingga kerja kerasnya membuahkan hasil. Satu anaknya sudah menikah, dua orang lainnya mendapat beasiswa. Alhamdulillah kini sang istri ini pun bisa memiliki rumah sendiri hasil jerihnya. Maka saat bertahun2 kemudian sang suami muncul kembali tetapi dengan membawa keluarga baru, Makin kebaslah hatinya. Dia sudah bahagia dengan anak-anaknya yang tiga meski tak lagi dinafkahi bertahun tahun.

Atau kisah pasangan suami istri yang sangat harmonis tapi kemudian seketika sang istri hampir gila saat mengetahui bahwa suaminya menikah lagi. Langit serasa runtuh. Maka mencintailah sekedarnya saja.

Ujian apapun yang menimpa akan membuat kita naik kelas. Mendekat saja pada sang pencipta. Mari berlomba berdoa pada-Nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s