Iman, Islam dan Ihsan

Kitab akhlaq Nasho-ihul Ibad adalah salah satu kitab inspiratif yang patut kita jadikan pegangan.
Pilar agama itu ada 3: iman, islam dan ihsan. Jika kita bicara tentang muslim dan kafir di bab iman, kemudian membahas sah dan batal di bab islam, maka sesungguhnya kita membahas boleh dan tidak di bab ihsan, dan itulah akhlaq !
Maka akhlaq seorang muslim adalah yang tidak menyakitkan muslim yang lain. Maka jika merokok dalam islam berhukum makruh, dalam ihsan adalah bagaimana aktivitas merokok dapat merugikan orang lain, dan inilah perkara akhlaq, tingkatan tertinggi.
Teringat hadits arbain saat rasul didatangi malaikat Jibril yang menyaru menjadi manusia dan bertanya tentang iman, islam dan ihsan. Dan sesungguhnya ihsan itu adalah beribadah seolah2 engkau melihat Allah, dan jika engkau tidak melihatnya, sesungguhnya Allah melihatmu.
Bagi kita para muslimah, akhlaq mulia menjadi suatu keniscayaan. Didukung hadits lainnya bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. Betapa islam ini agama yang positif dan produktif, setiap manusia hendaknya melakukan perubahan, dimulai dari diri sendiri. Dan akhlaq mulia adalah Rasulullah, hendaknya kita berkaca padanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s